Header Ads

Samsung Memberikan 3.000 Lentera Tenaga Surya Untuk Masyarakat Kutai Timur dan Flores Timur

MEDIACSRINDONESIA.COM – Jakarta. Dalam rangka mendukung Hari Bumi 2018 yang diperingati setiap tanggal 22 April, PT Samsung Electronics Indonesia kembali memberikan lentera tenaga surya. Kali ini sebanyak 3.000 unit diberikan bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik dan penerangan, terutama untuk daerah Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur dan Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pemberian kepada dua daerah tersebut dilakukan dalam waktu dan tempat terpisah dengan masing-masingnya sebanyak 1.500 unit.
Penyerahan Simbolis Lentera Tenaga Surya dari Samsung ke masyarakat Flores Timur. Foto istimewa

Kang Hyun Lee selaku Vice President Corpirate Busines and Corporate Affair Samsung Electronik Indonesia, menyerahkan lentera tenaga surya secara simbolis sebanyak 1.500 lentera kepada Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hajon pada Rabu (25/4) di rumah dinas bupati. Penyerahan juga didampingi oleh Azalea Ayuningtyas, Direktur Utama Du’Anyam Indonesia dan para mama pengrajin anyaman dari Pulau Solor, NTT.

“Lentera tenaga surya yang kami berikan mudah digunakan, tidak memerlukan listrik maupun pemeliharaan yang rumit sehingga dapat mendukung produktivitas di malam hari serta interaksi antar anggota keluarga yang lebih berkualitas,” ujar Kang Hyun Lee.

Pulau Solor merupakan salah satu desa sentra pengrajin anyaman daun lontar. Kerajinan dikerjakan oleh kaum perempuan sambil mengisi waktu kosong mereka di malam hari karena siang hari mereka berkebun di ladang.

“Kami sangat senang menerima donasi lentera tenaga surya ini, yang sangat tepat dengan kebutuhan masyarakat Flores Timur. Dengan memanfaatkan lentera tenaga surya pemberian Samsung, anak-anak dapat belajar di malam hari dan warga perempuan dapat menyelesaikan pesanan produk anyaman dan tenunan dengan cepat dan lebih banyak,” jelas Antonius Gege Hajon, Bupati Kabupaten Flores Timur.
Penyerahan Simbolis Lentera Tenaga Surya dari Samsung ke masyarakat Flores Timur. Foto desamadu.com-adi sagaria.

Sedangkan untuk daerah Kabupaten Kutai Timur diserahkan secara simbolis oleh Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship PT Samsung Electronics Indonesia kepada Bupati Kutai Timur, Ismunandar, Kamis (24/5) di Pendopo Bupati Kutai Timur. Pemberian turut didampingi oleh sejumlah aparat pemerintahan lainnya. 

 “Kondisi penerangan saat ini di Kutai Timur sudah mulai terakses oleh listrik, namun belum teraliri dengan maksimal. Dengan adanya donasi Samsung ini, harapan kami masyarakat lebih bahagia karena dapat melanjutkan rutinitas kegiatan mereka di malam hari tanpa kecemasan cahaya” ungkap  Ennita Pramono.

Lentera tenaga surya diberikan oleh Samsung sebagai pilihan penerangan yang ramah lingkungan. Sesuai namanya, lentera ini cukup dipaparkan pada matahari secara langsung selama sepuluh jam untuk mendapatkan energi penuh dan memberikan penerangan selama dua belas jam. Ada tiga moda pencahayaan yang dapat dipilih, yaitu terang, sangat terang, dan berkedip, sehingga bisa disesuaikan kebutuhan pemakai. Lentera ini juga dapat dilipat dan mudah disimpan, bisa digantungkan, atau dibawa sambil berjalan, sehingga juga mendukung mobilitas di malam hari.

“Di Samsung, kami tidak hanya membuat produk dan layanan, namun juga berkontribusi dalam menciptakan masyarakat dunia yang lebih baik di mana pun Samsung beroperasi. Hari ini, kami wujudkan dengan membantu komunitas Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur dan Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur untuk memiliki kualitas hidup lebih baik,” tutup Kang Hyun Lee. (dra)

Diberdayakan oleh Blogger.