Header Ads

Pertamina Mendukung Mangrove Menjadi Muatan Lokal Sekolah di Indramayu



Mediacsrindonesia.com – Indramayu – PT Pertamina (persero) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu melaksanakan program Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Tematik Mangrove. Program yang mulai dilaksanakan sejak 2017 tersebut telah diterapkan di 11 Sekolah Dasar di 3 (Tiga) Kecamatan di Kabupaten Indramayu. 

Di tahun 2018 ini bertambah sekolah yang menerapkan PLH Tematik Mangrove melalui replikasi. Terdapat 14 Sekolah Dasar yang terletak di ring 1 dan ring 2 pengembangan. Sehingga total sekolah yang telah menerapkan sebanyak 26 sekolah. Nantinya, 26 sekolah tersebut diharapkan akan memberikan imbas pada sekolah lain sehingga semakin banyak sekolah yang menerapkan PLH Tematik Mangrove. 

Fokus utama program PLH Tematik Mangrove ditahun 2018 adalah penyempurnaan program tahun sebelumnya, yaitu meningkat levelnya menjadi muatan lokal. Penyempurnaan tersebut meliputi 2 (dua) kegiatan utama, yaitu penyusunan buku referensi tambahan dan kegiatan inisiasi “Aku Sobat Mangrove”.

Sebagai daerah yang memiliki garis pantai yang cukup panjang, PLH Tematik Mangrove diharapkan  menjadi suatu kebanggaan dan ciri khas bagi masyarakat Kabupaten Indramayu. Pertamina juga berharap program ini mampu menjadi tongkat estafet pengetahuan dan pelestarian mangrove bagi generasi masa depan. Selain itu juga sebagai salah satu wujud tanggung jawab sosial Pertamina dalam mewariskan lingkungan yang hijau dan sehat bagi generasi selanjutnya.

Pelestarian mangrove sangat penting bagi masa depan anak-anak di Indramayu. Pelestarian mangrove juga bermanfaat untuk menahan abrasi pantai dan untuk mempertahankan ekosistem biota laut. Dengan adanya PLH Tematik Mangrove, anak-anak Indramayu dibekali pengetahuan sejak dini tentang pentingnya mangrove bagi kehidupan mereka di masa mendatang. (dra)

Diberdayakan oleh Blogger.