Header Ads

PLN Salurkan 150 Tangki Air Bersih Untuk Masyarakat

BPBD Kulonprogo sedang menyalurkan air bersih . FOTO/IST

MEDIACSRINDONESIA.COM - KULONPROGO - PT. PLN (Persero) Distribusi Jateng & DIY menyalurkan 150 tangki air bersih kepada masyarakat. Sejak 2 Juli telah disalurkan ke masyarakat sebagian. Penyaluran tersebut dilakukan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo. 

Penyaluran kali ini dilaksanakan ke Pedukukan Ngrandu pada Rabu (4/7/2018). "Hari ini disalurkan 15 ribu liter air atau tiga tangki untuk Pedukuhan Ngrandu, Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo," kata Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Ariadi.

Desa Salamrejo salah satu dari 10 desa yang mulai mengalami kekeringan. Dari pemetaan BPBD setidaknya akan ada 9 kecamatan yang rawan kekeringan yang tersebar di beberapa desa.  "Perkiraannya tidak sampai 100 desa namun kita tetap waspada terhadap dampak kekeringan tahun ini," 

Saat ini sumur-sumur milik warga mulai mengering. Warga sangat tergantung bantuan air dari pemerintah. BPBD bekerja sama dengan Dinas Sosial menyalurkan bantuan air bersih. "Sampai saat ini kami sudah menyalurkan sekitar 40 tanki air bersih yang diambilkan dari mata air yang dikelola oleh PDAM Kulonprogo," katanya.

Ariadi juga menjelaskan masyarakat juga bisa proaktif mengajukan permohonan bantuan air ke pemerintah. Proposal pengajuan ditujukan kepada Bupati dan ditembuskan ke BPBD dan Dinas Sosial. "Karena anggaran sangat terbatas kami mengandalkan biaya tak terduga. Dropping masih mengandalkan anggaran dari Dinsos dan CSR perusahaan-perusahaan," jelasnya lagi. 

Samiyem, salah seorang warga Salamrejo, Sentolo mengaku sudah tiga bulan sumur kering. "Sumur saya padahal sudah 15 meter tapi air tak mau keluar. Kalau beli satu tangki air Rp140.000," katanya. (dra)

Diberdayakan oleh Blogger.