Header Ads

PT Mitrabara Adiperdana, Tbk Bantu BUMDes Mengembangkan Usaha Kopi di Malinau Selatan


Foto bersama dengan pemangku kepentingan. Foto: Sonie

Mediacsrindonesia.com - Kalimantan Utara - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengadakan Temu Usaha Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Kegiatan yang dilaksanakan Kamis 19 Juli 2018 di Ibu Kota Kaltara, Tanjung Selor, turut dihadiri oleh Dinas PMD Se-Kaltara, Camat, Kepala Desa, Bumdes, dan Perusahaan setempat.

Kegiatan ditujukan untuk penguatan antar lini pemangku kepentingan dalam mengembangkan ekonomi lokal melalui kemitraan. Selain sebagai ajang silaturahmi juga dijadikan sebagai sarana berbagi pikiran dan ide dalam pengembangan ekonomi yang disajikan oleh narasumber maupun dari peserta kegitan.

Ir. Heri Rudiyono, M.Si (Kepala Bidang Ekonomi DPMD Kaltara) dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya antar lini pemangku kepentingan untuk saling bahu membahu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Bumdes. Para peserta diharapkan agar berperan aktif dalam kegiatan serta menyerap segala ilmu dan informasi yang diberikan. Sehingga bisa dijadikan lecutan semangat untuk membangun dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Egosonie E. Bastiar, perwakilan perusahaan yang turut menjadi pembicara, menjelaskan bahwa sinergisitas antar lini dalam pembangunan ekonomi desa menjadi kunci dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi desa. 

“Untuk itu perlu adanya sebuah visi misi yang sama dalam menentukan langkah-langkah berdasarkan kebutuhan dan peluang yang ada. Menjadikan bumdes sebagai motor perekonomian desa yang berkelanjutan sehingga nantinya bisa mencipatakan masyarakat mandiri,” Lanjut Egosonie, CSR Officer PT Mitrabara Adiperdana (MA), Tbk. 

Penandatanganan kerja sama antara PT Mitrabara Adiperdana, Tbk. dengan Masyarakat. Foto: Sonie

Puncak kegiatan ini adalah dilakukan penandatanganan kerja sama antar CSR perusahaan dengan Bumdes yang ada di Kalimantan Utara. PT MA sendiri melakukan kerja sama dengan Desa Long Loreh melalui industrialisasi pertanian komoditas Kopi. Diharapkan nantinya bisa dijadikan Bumdes bersama di Kecamatan Malinau Selatan. Sehingga ada kekhasan khusus dan produk unggulan bersama di Malinau Selatan sebagai daerah Penghasil Kopi di Kabupaten Malinau. (dra)

Diberdayakan oleh Blogger.