Header Ads

PGE Area Karaha Bantu Peningkatan Kesehatan Anak dan Ibu

Penyerahan simbolik kepada peserta posyandu yang disaksikan aparat pemerintah dan keamanan. Foto: Istimewa




Mediacsrindonesia.com, Garut - PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Karaha selaku pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Karaha menggelar kegiatan edukasi yang dikemas dalam bentuk entertainment (edutaiment) terkait Program Pertamina SEHATI (Pertamina Untuk Kesehatan Anak Tercinta dan Ibu), di Balai Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut pada  Selasa (4/9/2018). Kegiatan diikuti lebih dari 200 peserta dari Desa Sukahurip, Desa Cinta, dan Desa Cintamanik.

Rangkaian kegiatan diisi dengan pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita, lomba mewarnai bagi balita, ceramah dan permainan pengetahuan tentang kesehatan alat reproduksi bagi para kader posyandu dan aparat desa. Acara juga terdapat sesi berbagi cerita yang membahas permasalahan yang dihadapi para kader di desanya masing-masing. 

Kegiatan yang merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan Program Corporate Social Responsibilty (CSR) PGE Area Karaha Bidang Kesehatan tersebut, sehari sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi peningkatan kapasitas pengetahuan bagi para Kader Posyandu dan aparat desa di lokasi yang sama.

Area Manager PGE Area Karaha, Mawardi Agani menyebut kegiatan Pertamina Sehati sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan bagi masyarakat yang berada di wilayah ring I PGE Area Karaha. 

“Besar harapan kami, program ini akan mampu meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kesadaran kader dalam mengelola Posyandu secara lebih handal, menekan angka kematian ibu hamil, sekaligus mendorong masyarakat untuk mengaplikasikan pola hidup sehat. Peningkatan kesadaran tidak saja dari para ibu namun juga para Bapak tentang pentingnya pemberian gizi yang sehat dan baik bagi para balita yang sedang dalam masa pertumbuhan,” kata Mawardi.

PGE Area Karaha sejak Januari hingga Agustus 2018 melalui program CSR telah menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp 500 juta dalam berbagai bidang. Baik pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, partisipasi dalam kegiatan keagamaan, maupun perayaan-perayaan hari besar nasional.

Menurutnya, Edutainment Program Pertamina SEHATI rencananya akan berlangsung selama empat hari berturut-turut yang terbagi menjadi dua kegiatan yang difokuskan di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya. 

Untuk di Kabupaten Tasikmalaya akan diadakan pada 5 dan 6 September 2018 di Balai Desa Kadipaten. Rencananya akan melibatkan 25 kader posyandu dan aparat desa, 80 balita serta 50 ibu hamil dari Desa Kadipaten dan Desa Dirgahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. 

Camat Karang Tengah, Eti Nurulhayati mengapresiasi atas kepedulian Pertamina dalam membantu masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

"Semoga dengan apa yang dilakukan oleh PGE Karaha ini dapat menjadikan masyarakat di wilayah Kecamatan Pangatikan dan Karang Tengah menjadi sehat dan sejahtera. Hal ini karena Pertamina menjadi salah satu perusahaan yang aktif dalam mengkampanyekan pentingnya kesehatan ibu dan anak," ungkap Eti. (dra)
Diberdayakan oleh Blogger.