Header Ads

PT BSP Mengirim 32 Warga Sekitar Ikut Pelatihan Di BLK Lembang


Mediacsrindonesia.com – Riau. PT Bumi Siak Pusako (BSP) akan mengirim 32 orang untuk mengikuti pelatihan di BLK Lembang, Jawa Barat. Mereka berasal dari tiap kecamatan di Kabupaten Siak. Pelatihan rencananya selama 20 hari yang akan dilaksanakan mulai 14 Februari sampai dengan 5 Maret 2019. Sebelumnya, di tahun 2018 juga pernah melaksanakan program yang sama. Jadi ini yang kedua kalinya.

Jumlah peserta sebanyak 32 tersebut menjadi 2 kelompok. Sebanyak 16 orang mengikuti pelatihan pengolahan hasil pertanian dan 16 orang mengikuti pelatihan hasil perikanan.

Direktur PT BSP, Iskandar, menjelaskan bahwa pihaknya telah menandatangani MoU bersama BLK Lembang tentang kerjasama penyelenggaraan pelatihan pengolahan buah-buahan dan pengolahan hasil perikanan di Bandung. Hal ini dikarenakan Lembang dikenal mempunyai industri pertanian dan perikanan serta pengolahan secara rumah tangga.

“Pemberdayaan masyarakat yang dikemas dalam bentuk pelatihan, bermanfaat untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat,” ujar Iskandar, Senin (27/1/2019).

Iskandar meyakini bahwa dengan mengikuti pelatihan di BLK Lembang, para peserta bisa belajar langsung dari para pakarnya. Tidak hanya mengenai keahliannya tapi juga sikap dan perilaku yang dituntut untuk berusaha.

Iskandar juga menegaskan kembali komitmen untuk peningkatan kompetensi masyarakat umum dan pencari kerja di wilayah Kabupaten Siak,

Kepala BLK Lembang Aan Subhan menjelaskan bahwa BLK Lembang merupakan Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) yang ditunjuk untuk memberikan pelatihan dengan fasilitas yang sesuai dengan ketersediaan anggaran dan siap menindaklanjuti kesepakatan bersama dengan merancang dan menyelenggarakan program sesuai kebutuhan Pemkab Siak. Aan menekankan, selain keterampilan teknis, materi pelatihan di BLK Lembang juga menekankan pada soft skills.

"Usai pelatihan ini, peserta diharapkan meningkat kompetensinya dan juga berubah pola pikir sikapnya ke arah kemandirian berusaha," kata dia.

Di samping kerjasama dengan BLK Lembang, pada 2018 PT BSP juga bekerjasama dengan Pemkab Siak mengadakan pelatihan kepemanduan wisata yang diikuti 30 peserta.(dra)


Diberdayakan oleh Blogger.