Header Ads

PT MA-BDMS Melibatkan Masyarakat dalam Perayaan Bulan K3 Nasional

Bersama masyarakat dalam kegiatan Bulan K3 Nasional 2019. Foto: Riedha


Mediacsrindonesia.com, Malinau. Dalam rangka bulan K3 Nasional, PT. Mitrabara Adiperdana, Tbk & PT. Baradinamika Mudasukses (MA-BDMS) mengadakan serangkaian acara. Hasil kolaborasi Departemen CSR serta Departemen Health & Safety, kegiatan dilakukan sejak tanggal 12 Januari hingga 20 Februari 2019. Turut melibatkan seluruh karyawan MA-BDMS, kontraktor, dan juga masyarakat yang ada dalam wilayah operasional perusahaan.

Penyelenggaraan Bulan K3 Nasional tahun 2019 kali ini mengambil tema “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional”. MA-BDMS sebagai salah satu perusahaan tambang yang ada di Kabupaten Malinau, menjadikan bulan K3 Nasional sebagai momentum untuk mengingat kembali kepada setiap elemen operasional perusahaan tentang pentingnya mematuhi peraturan yang berhubungan dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). 

MA-BDMS merangkul sejumlah stakeholder dalam rangkaian kegiatan tersebut. Misalnya saja pada Pemeriksaan Kesehatan Prima dan Pengobatan Gratis yang bekerja sama dengan Puskesmas Long Loreh. Kegiatan dilakukan di Desa Pelancau Dan Loreh pada 1 Februari 2019. Lalu kegiatan safety driving untuk kendaraan bermotor roda dua. Kegiatan yang diselenggarakan di SMA N 8 Malinau ini bekerja sama dengan Satlatnas Polres Malinau. Serta ada pelatihan P3K dan Kesehatan Lingkungan di SMP 3 Malinau Kota.

Lomba Fire Resque. Foto: Riedha

Rangkaian kegiatan lainnya adalah perlombaan yang diikuti oleh karyawan maupun kontraktor. Jenis perlombaan yang diadakan seperti Fire Rescue, Fun Run, Safety Talk, Cerdas Cermat tentang K3, Penggunaan Alat Keselamatan, dan pembuatan JSA. Kontraktor maupun para karyawan dengan antusiasme dan semangat tinggi melakukan perlombaan. Perlombaan ditujukan untuk menggali seberapa mahir dan pemaham tentang K3, juga sebagai sarana ajang mempererat kerja sama antar karyawan perusahaan dan kontraktor.

Tidak hanya itu, MA-BDMS bersama Kecamatan Malinau Selatan mengadakan senam sehat bersama masyarakat yang dilakukan pada 15 Februari 2019. Karyawan PT MA-BDMS, Kontraktor KPP, Kecamatan Malinau Selatan, Polsek Malinau Selatan, Posramil Malinau Selatan,  Masyarakat Loreh,, Siswa Siswi dari SMPN 1 Malinau Selatan dan SMA N 5 nampak antusias hingga memenuhi lapangan Malinau Selatan, sejak pagi sebelum pelaksanaan senam yang dimulai pada pukul 07.30 WITA. Kurang lebih 350 peserta senam hadir memeriahkan kegiatan yang menghadirkan tiga intsruktur senam dari Malinau ini. 

Dan kegiatan yang sangat ditunggu setiap tahunnya dalam Bulan K3 Nasional 2019 yakni Family Trip. Kegiatan yang bertujuan mengenalkan budaya safety kepada keluarga karyawan perusahaan dimulai dengan mengelilingi tambang, melihat alat-alat berat pertambangan, dan berakhir di WWTP (Waste Water Treatment Plant). Mereka diberikan edukasi tentang betapa pentingnya peran sentral keluarga dalam mensukseskan Zero Accident di PT MA-BDMS.

Salah satu istri karyawan MA-BDMS, Ibu Simeon, menyampaikan bahwa agar kedepannya tidak ada pembatasan jumlah peserta dari keluarga yang ikut acara ini. Karena ini sangat bagus untuk memberikan pengetahuan bagi kami. 

“Senang banget. Setelah 10 tahun suami saya kerja di tambang, baru ini kami sekeluarga bisa melihat tambang. Kemudian kalau bisa tahun depan kami juga diajak ikut ke Muara Bengalun untuk lihat juga peloadingan batu bara ke kapal,” tutupnya.

Peringatan bulan K3 Nasional 2019 merupakan momen untuk menumbuhkan kesadaran karyawan terhadap K3. Bulan K3 nasionl 2019 berfokus pada perilaku aman dalam bekerja dengan cara pendekatan K3 yang menyenangkan. 

“Tahun ini kami memiliki motto #2019TegakkanK3 yaitu Tegur Cegah Kecelakaan K3,” ujar Agung Herwidia, Safety Officer, selaku Ketua Panitia Bulan K3 Nasional 2019. (Dra/Sonie)

Diberdayakan oleh Blogger.