Header Ads

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Melaporkan Kegiatan CSR Ke Pemangku Kepentingan

Pihak perusahaan sedang memaparkan program CSR yang telah dilakukan. Foto: kasihkabar.id


Mediacsrindonesia.com - Cilacap.  PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap mengadakan kegiatan Forum Komunikasi Masyarakat. Perusahaan yang sejak 2018 berganti nama menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk secara rutin mengadakan kegiatan tersebut tiap tahunnya. Kali ini dilaksanakan di Gedung Graha Pemuda Cilacap, Selasa (12/02). Turut dihadiri oleh sejumlah pihak, seperti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Cilacap, perwakilan dinas/instansi, camat, lurah, masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, posdaya, kelompok usaha bersama, media massa, dan lembaga swadaya masyarakat.

“Forum Komunikasi Masyarakat merupakan kegiatan yang bertujuan memberikan informasi mengenai berbagai pencapaian atau kinerja program pengembangan masyarakat atau CSR,” jelas Kusdiharta selaku Community Relations Manager. Dalam forum tersebut juga, para pemangku kepentingan dapat memberikan masukan konstruktif atau tanggapan terhadap pelaksanaan Program CSR agar berjalan lebih baik dan memberikan manfaat maksimal.

“Kegiatan yang diselenggarakan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk berupa Forum Komunikasi Masyarakat merupakan bentuk dari peran serta perusahaan untuk ikut membangun Kabupaten Cilacap. Tanpa dukungan pemangku kepentingan yang lain, tidak mungkin APBD Kabupaten Cilacap menyelesaikan semuanya,” papar Wasi Ariyadi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Cilacap.

Wasi Ariyadi juga memberi apresiasi atas pencapaian program CSR yang telah dilaksanakan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap. Apalagi merupakan salah satu perusahaan di Cilacap yang masuk tiga besar dalam penyaluran CSR-nya, Rp5,6 miliar. 

“Laporannya bagus sehingga bisa bersinergi dengan kegiatan APBD,” tambah Wasi. Dia juga menilai program-program tersebut telah membantu menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Cilacap yang saat ini cenderung turun.

Sepanjang tahun 2018, program CSR telah dinikmati oleh lebih dari 3.813 warga. Melalui program renovasi rumah tidak layak huni (RTHL) sebanyak 32 unit, pembuatan jamban untuk 48 keluarga, plesterisasi lima rumah sehat, dan pembangunan jalan beton sepanjang 4.063 meter. Tidak hanya itu, juga terdapat beasiswa bagi 628 pelajar, pelatihan las 6G bagi 40 pemuda, serta mendorong inovasi industri batik mangrove di Kelurahan Kutawaru dengan pewarna alami dan peralatan mesin. 

Dalam program lingkungan, telah menghijaukan atau mereklamasi bekas tambang batu kapur di Pulau Nusakambangan seluas 2 hektare dengan ditanami 3.249 pohon. Sampai tahun 2018, area bekas tambang batu kapur yang dihijaukan telah mencapai 51,76 hektare dengan ditanami 30.770 pohon. Selain itu, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk pada tahun 2018 juga memperoleh penghargaan Industri Hijau Level 5 yang ketujuh kalinya. (dra) 

Diberdayakan oleh Blogger.