Header Ads

MA-BDMS Turut Andil Dalam Lomba RT Bersih

Penyerahan hadiah bagi juara Lomba RT Bersih. Foto: Lilang Larsjiwo


MEDIACSRINDONESIA.COM – Malinau – Tahun ini, kembali PT. Mitrabara Adiperdana, Tbk dan PT. Baradinamika Mudasukses (MA-BDMS) mendukung program Bulan Bakti dari Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau. Kegiatan yang di dalamnya terdapat lomba RT Bersih, mengambil tema “Kemandirian Perilaku RT Bersih Masyarakat Kabupaten Malinau”. 

Kegiatan tahunan ini tentunya menjadi sebuah ajang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Sebab mereka akan bersaing dalam menampilkan lingkungan yang bersih dan sehat. Kegiatan Bulan Bakti tahun 2019 terasa berbeda bagi segenap masyarakat di Malinau Selatan. Selain peresmian salah satu desa di Malinau Selatan yaitu Desa Loreh menjadi Desa Wisata, Malinau Selatan juga ditunjuk sebagai tuan rumah pembukaan bulan bakti. 

Pada perlombaan, panitia mencoba memberikan skema penilaian yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk meningkatkan kualitas penilaian, tim membuat indikator berdasarkan standar proklim. Penilaian melibatkan pemerintah desa yang memberikan penilaian awal kepada setiap RT yang dinaunginya. Setelah penilaian, hasil rekapan diserahkan kepada tim kecamatan dan juri yang lain untuk dilakukan pengecekan ke lapangan. Selain penilaian aspek kebersihan lingkungan RT, dilakukan juga penilaian pada aspek administrasi RT yang menunjang program RT Bersih. Penilaian tingkat kecamatan dilaksanakan selama 3 hari. Sejak tanggal 14 Agustus 2019 hingga 16 Agustus 2019.

Pemenang dalam lomba RT Bersih diumumkan saat Upacara HUT RI di Kecamatan Malinau Selatan. Bertempat di Lapangan Desa Long Loreh, terpilihlah RT 05 Desa Long Loreh menjadi juara pertama. Disusul RT 01 Desa Sengayan kemudian RT 02 Desa Langap yang menjadi juara kedua dan ketiga. Selain itu, berdasarkan kesepakatan bersama RT 04 Desa Loreh sebagai juara tahun lalu akan diikutkan dalam perlombaan tingkat Kabupaten dan akan mendapatkan pembinaan khusus dari CSR MA BDMS untuk dijadikan RT Percontohan standar proklim.

Camat Malinau Selatan, Daniel Daring Balang, SE, M.Si berpendapat bahwa kegiatan RT Bersih merupakan salah satu kegiatan unggulan dari Kabupaten Malinau. Di Kecamatan Malinau Selatan, kegiatan ini merupakan buah hasil kerja keras antara banyak pemangku kepentingan. Antara lain, perusahaan, pemerintah, serta Muspika Malinau Selatan. Dalam pelaksanaannya, perusahaan terutama PT MA BDMS kembali mengambil andil yang luar biasa, terutama karena adanya gagasan cara penilaian yang baru dan mengikuti standar proklim. 

“Kedepan, dengan adanya kegiatan seperti RT Bersih, diharapkan masyarakat RT dan desa dapat memahami bahwa dalam membina dan membangun desa, janganlah ‘manja’ dikarenakan adanya kehadiran perusahaan. Pembangunan dan pembinaan desa haruslah dilakukan bersama- sama, dengan segala unsur yang ada di Malinau Selatan,” jelas Daniel.

Selain itu juga I Gede S selaku CSR Superintendent MA BDMS menerangkan bahwa dukungan terhadap kegiatan RT Bersih merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan untuk menciptakan masyarakat yang bersih dan sehat. 

"Pada tahun ini kami bersama panitia dari kecamatan mengemas cara penilaian standar proklim. Harapannya, kedepan akan terus ada formula perbaikan guna bisa menggerakkan masyarakat lebih maksimal dalan kepedulian kebersihan lingkungannya minimal dari tempat warga tinggal dulu, sehingga bisa menularkan pola hidup bersih dan sehat ke yang lain,” tutup I Gede. (Endra)
Diberdayakan oleh Blogger.