Header Ads

153 Penghargaan Dibagikan Dalam Acara ISDA 2019

Penerima penghargaan sedang berpose bersama. Foto: Kideco Jaya Agung



Mediacsrindonesia.com - Jakarta - Corporate Forum for Community Development (CFCD) yang bekerjasama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPENAS) kembali mengadakan anugerah Indonesia SDG's Award (ISDA) 2019. Ajang tahunan bagi perusahaan dan lembaga yang berkontribusi dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan ini dihelat di Menara Bidakara, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Terdapat 153 penghargaan untuk kategori perusahaan serta 12 penghargaan untuk kategori pribadi yang dibagikan. Penghargaan diberikan kepada 66 perusahaan baik untuk kategori platinum, gold, maupun silver. Mereka berasal dari BUMN, BUMD, swasta nasional, dan perorangan.

CFCD sendiri merupakan asosiasi yang menaungi berbagai perusahaan yang aktif memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan melalui dana CSR-nya. Penjurian ISDA 2019 mengacu pada standar ISO 26000.

Ketua Steering Committee ISDA 2019, Suwandi, mengatakan bahwa piagam penghargaan yang disiapkan oleh pihak panitia cukup banyak. Hal ini karena jumlah perusahaan yang turut berpartisipasi dan mendaftarkan diri sebagai perusahaan yang turut berkontribusi dalam mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan terus bertambah setiap tahun.

Pada ISDA 2019, jumlah perusahaan yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini mencapai 66 perusahaan. Jumlah perusahaan tersebut mengalami kenaikan signifikan jika dibandingkan dengan pelaksanaan ISDA yang pertama dan kedua masing-masing pada tahun 2017 dan 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 52 perusahaan.

Ekonom senior, Emil Salim, dalam sambutannya mengatakan bahwa kemiskinan merupakan masalah besar di Indonesia.

"Dengan semakin banyaknya jumlah perusahaan yang turut berpartisipasi dalam memberdayakan masyarakat atau community development di sekitar lokasi perusahaan beroperasional melalui dana CSR yang dimilikinya, maka ketertinggalan Indonesia untuk memberantas kemisikinan dan kelaparan akan semakin mudah teratasi," tegas Emil Salim.

Apresiasi positif atas penyelenggaraan anugerah Indonesia SDG's Award juga datang dari Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Sonny Harry B Harmadi. Dia mengatakan bahwa berbagai piagam penghargaan yang diberikan oleh CFCD kepada segenap perusahaan yang terlihat menonjol dalam memberdayakan masyarakat tentu harus diapresiasi.

"Dengan memberikan piagam penghargaan maka berbagai perusahaan dengan latar belakang bisnis yang berbeda akan terstimulus untuk terus berbuat yang terbaik dalam memajukan negeri ini di berbagai bidang kehidupan," terang Sonny.

Perusahaan yang turut berpartisipasi dalam ISDA 2019 di antaranya bergerak di sektor pertambangan, minyak dan gas, listrik, perbankan, otomotif, pupuk, air minum dalam kemasan, dan lainnya.

Ada tiga perusahaan yang paling banyak meraih penghargaan dengan berbagai kategori yang diperlombakan. Ketiga perusahaan tersebut meliputi PT Agincourt Resources yang meraih 10 penghargaan (6 gold, 3 silver, serta 1 platinum), PT Kaltim Prima Coal yang juga meraih 10 penghargaan (8 gold dan 2 platinum), serta PT Kideco Jaya Agung yang meraih 11 penghargaan (4 gold dan 7 platinum).

Sedangkan untuk kategori peraih penghargaan perorangan pada ISDA 2019 terdapat 12 nama pemenang yakni Mochamad Kurnia Ariawan (direksi) yang diraih oleh PT Kideco Jaya Agung dengan kategori terbaik I. Beberapa nama lainnya ialah Adi Risfandi, Dindin Makinudin, Agung Hasanudin, serta Wiwin Suhartanto (tingkat manajemen) masing-masing dari PT Mifa Bersaudara, PT Borneo Indo Bara, PT Anugerah Bara Kaltim, serta PT Asmin Bara. (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.