Header Ads

PT Mitrabara Adiperdana, Tbk Memberikan 1000 Buku untuk Taman Baca Masyarakat



Ibnu Wahyu selaku perwakilan MA BDMS memberikan bantuan secara simbolis ke sejumlah perwakilan TBM.


Mediacsrindonesia.com – Kalimantan Utara – PT Mitrabara Adiperdana dan PT Baradinamika Mudasukses (MA BDMS) memberikan bantuan buku sebanyak 1.000 buku untuk 16 TBM dan Komunitas yang ada di Kabupaten Malinau. Bantuan diberikan pada saat peluncuran program sinergi Perpusdes dan TBM dengan pelayanan sekolah di Kabupaten Malinau yang diresmikan oleh Bupati Malinau, Dr. Yansen TP, M.Si di gedung Tebengang Kantor Pemda Malinau pada 5 September 2019.

Peluncuran program tersebut disemarakkan oleh penampilan membaca literasi oleh siswa sekolah dasar yang sekolahnya sudah menjalankan kegiatan literasi. Kemudian ada juga stand pameran produk literasi dari 16 desa dan komunitas literasi yang ada di Kabupaten Malinau. Kegiatan ini juga diisi dengan pelantikan Kader Penggerak Literasi serta Forum Komunikasi Perpusdes dan TBM Kabupaten Malinau. Mereka dilantik langsung oleh Bupati Malinau.

Selain itu juga terdapat acara talk show yang tidak kalah menarik. Talk show bertemakan Mengangkat Budaya dan Cerita Lokal Sebagai Bahan Buku Bacaan Anak. Turut menghadirkan empat nara sumber yang mumpuni. Mereka adalah Ibnu Wahyu Hidayat selaku CSR Manager PT MA BDMS, Sofie Dewayani, P.hd, (Pegiat literasi dan Ketua Yayasan Litara), Masri Sareb Putra (Penulis buku, budayawan Dayak, dan sekretaris Cendekiawan Dayak), serta Supriyatno, S.pd, M.A (Kabid Pengembangan dan Penyusunan Buku Pusat Perbukuan, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan-Kemdikbud).

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk lebih menyemarakkan semangat gerakan literasi dengan cara adanya sinergi yang utuh dan satu-kesatuan antar lini pemangku kepentingan. Di Malinau sendiri sinergi antar lini pemangku kepentingan terkait kegiatan literasi sudah diimplementasikan di 16 desa yang ada di Malinau. Dengan begitu, diharapkan keberhasilan implementasi sinergi ini juga bisa disebarluaskan ke seluruh desa yang ada dan mendapatkan dukungan pendanaan dari desa.

Foto bersama selepas acara peluncuran program literasi.

Dalam sambutanya Bupati Malinau, Yansen, menyampaikan agar bersama-sama untuk menyukseskan program literasi yang saat ini sedang digalakan.

“Literasi diharapkan tidak hanya menciptakan generasi unggul yang berkarakter, tetapi juga berbudaya dalam menyongsong industri 4.0. Yang nantinya akan dilalui oleh anak-anak generasi penerus Malinau. Kolaborasi dan sinergi antar lini yang solid akan membuat semakin mudah dalam menyongsong tantangan-tantangan yang akan dihadapi ke depan,” terang Yansen.

Ibnu Wahyu Hidayat dalam kesempatan menyerahkan bantuan buku menerangkan bahwa bantuan tersebut merupakan wujud nyata dari mereka yang juga ikut bertanggung jawab secara sosial dalam pengembangan karakter generasi penerus di bidang pendidikan.

“Harapannya buku yang kami serahkan ini tidak hanya untuk sekedar dibaca saja, tapi juga bisa menjadi turut andil dalam menumbuhkembangkan anak-anak Malinau yang berkarakter dan memilki kebanggan terhadap nilai-nilai budaya yang dimilki di daerahnya,” pungkas Ibnu Wahyu Hidayat. (Endra)



Diberdayakan oleh Blogger.