Header Ads

MA-BDMS Dukung Peran Penting BUMDes

Ibnu Wahyu Hidayat, selaku CSR Manager MA-BDMS sedang memberikan sambutan. Foto: Lilang Larasjiwo

Mediacsrindonesia.com - Malinau Selatan. PT Mitrabara Adiperdana, Tbk dan PT Baradinamika Mudasukses (MA-BDMS) bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Tunas Negeri dan Pemerintah Kabupaten Malinau menginisiasi adanya pelatihan BUMDes di Kabupaten Malinau. Pelatihan BUMDes ini dilaksanakan di Kantor Pemkab Malinau pada 7-8 Oktober 2019. Dengan mengambil tema “Membangun BUMDes, Memandirikan Desa”.

Sebanyak 100 peserta pelatihan BUMDes ini terdiri dari Kepala Desa, BPD, dan juga pengurus BUMDes. Selama 2 hari mereka akan dilatih manajemen kewirausahaan dan pengembangan potensi bisnis di desa dengan pendekatan model bisnis, perencanaan usaha serta pelaporan keuangan sederhana. Pelatihan dilakukan dengan metode pembekalan teori dan praktek.

Pelatihan ini dimaksud untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan desa dalam memanfaatkan potensi sumber daya di desanya untuk dijadikan potensi bisnis yang kreatif dan inovatif sehingga bisa menjadi wadah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Peserta pelatihan sedang melakukan pemetaan potensi desa dan program BUMDes. Foto: Lilang Larasjiwo


Sekertaris Daerah Malinau, Dr. Ernes Silvanus S.Pi, MM, dalam sambutan pembukaannya memberikan pesan kepada seluruh peserta agar seluruh elemen desa benar-benar melakukan musyawarah  yang baik dalam melihat potensi dan peluang yang ada di desa untuk dijadikan sebuah produk unggulan BUMDesnya.

“Saya mengharapkan bagi pengurus Bumdes yang sudah ada, jangan latah dalam membangun usahanya. Misalnya, perkebunan sawit. Pengurus pun ikut-ikutan menanam sawit. Begitu juga sahang, ikut-ikutan, harus direncanakan dengan matang” tegasnya.

Turut hadir pula Sekertaris Desa Ponggok, Yani Setiadji, sebagai salah satu pemateri dalam pelatihan ini.

“Dulu Ponggok sangat tertinggal, namun saat ini bertransformasi menjadi desa yang mandiri melalui BUMDesnya. Saya harap setelah ada pelatihan ini ada muncul Ponggok yang lain di Kabupaten Malinau dengan potensi khasnya Malinau sendiri. Mari kita belajar bersama. Tidak ada yang tidak mungkin selama kita memiliki optimisme dan harapan yang tinggi dalam membangun desa kita”, ujar Yani Setiadji yang disambut riuh tepuk tangan dari peserta pelatihan. 

Peserta dari BUMDes Lepubung Lepo Long Loreh sedang memaparkan hasil pemetaan potensi desa dan rencana program. Foto: Lilang Larasjiwo

“Dan pada hari kami bersama pemangku kepentingan di Kabupaten Malinau melaksanakan salah satu pilar kami di bidang ekonomi untuk memberikan pelatihan kepada BUMDes di Kabupaten Malinau. Sehingga dapat secara cepat memandirikan desa, karena kami yakin pembangunan desa dapat berjalan dengan baik apabila ditunjang oleh BUMDes yang baik”, ujar Ibnu Wahyu Hidayat, CSR Manager PT. Mitrabara Adiperdana Tbk dan PT. Baradinamika Mudasukses (MA-BDMS). (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.