Header Ads

MPM Group Tanam Ribuan Bambu Sepanjang Ruas Pesisir DAS Citarum

Penanaman bambu secara simbolis dari perwakilan MPM, pemerintah, dan satgas. Foto: MPM


MEDIACSRINDONESIA.COM – Karawang. MPM Group (PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk) mengadakan kegiatan aksi peduli lingkungan pada Selasa, 26 November 2019. Kegiatannya berupa penanaman ribuan pohon bambu di sepanjang 4 KM ruas pesisir Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Kecamatan Batujaya, Karawang. Pelaksanaan kegiatan ini juga dalam rangka mendukung Gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh setiap 28 November. 

Pada program aksi lingkungan ini, MPM Grup menggandeng Satgas Citarum Harum Sektor 19. Seremoni penanaman bambu dihadiri oleh jajaran Manajemen MPM Grup dan puluhan sukarelawan karyawan MPM Group yang ingin turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Lokasi penanaman yang dipilih merupakan rekomendasi dari tim Satgas Citarum Harum Sektor 19. Lokasi berada di area kritis. Dengan begitu, adanya penanaman akan mencegah tanah di area tersebut terjadi bencana longsor. Selain itu juga untuk menjaga dan memelihara keseimbangan lingkungan di DAS Citarum, karena Citarum termasuk dalam salah satu sungai yang menjadi pusat perhatian dunia dan masuk dalam PERPRES No.15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS. 

GM CSR & Corporate Communication MPM Natalia Lusnita menyampaikan kegiatan penanaman bambu ini merupakan bentuk nyata implementasi tanggung jawab sosial MPM Group dalam memperbaiki kondisi alam dan lingkungan sekitar agar tercipta masa depan yang lebih baik. Dengan bertambahnya jumlah pohon tentu akan menambah jumlah oksigen, dan ini sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia, terutama di masa sekarang terdapat pemanasan global yang telah menjadi isu dunia.

Perwakilan MPM melakukan penanaman bambu di tepi DAS Citarum. Foto: MPM

“Kegiatan ini juga sesuai dengan visi MPM yaitu memberikan dampak positif bagi kehidupan. Perusahaan memiliki komitmen kuat untuk dapat terlibat dalam upaya pemeliharaan kelestarian lingkungan hidup, baik yang berdampak langsung maupun tidak bagi masyarakat. Kami berharap setiap pohon bambu yang telah ditanam sepanjang 4 KM di pesisir sungai ini dapat membantu memulihkan kondisi sungai Citarum dan mencegah longsor karena banyak masyarakat bermukim di sekitar sungai Citarum ini,” tutup Natalia disela acara seremoni. 

Komandan Satgas Citarum Harum Sektor 19 Kolonel Inf Agus H Soewanto menyambut baik inisiatif dan program yang dilakukan oleh MPM Group ini. Menurutnya, mengembalikan kondisi sungai Citarum bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan aparat saja tetapi juga seluruh golongan masyarakat karena kebaikan apapun jika dilakukan secara bersama-sama tentu akan membawa dampak yang lebih besar. “Kerja sama merupakan hal yang sangat penting dalam pelestarian lingkungan. Untuk itu saya berharap program pelestarian seperti ini dapat terus berjalan dan juga bisa memotivasi masyarakat untuk lebih peduli lagi kepada alam, tempat tinggal kita bersama, sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan yang berkelanjutan” ujarnya. (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.