Header Ads

MA-BDMS Mendukung Lomba RT Bersih Di Desa Sekitar Perusahaan



Mediacsrindonesia.com - Malinau. Acara peringatan HUT ke-75 RI pada Senin (17 Agustus 2020) di Kecamatan Malinau Selatan, ditutup dengan penyerahan hadiah untuk para pemenang RT Bersih tingkat kecamatan. Lomba kebersihan yang didukung penuh oleh BDMA, perusahaan yang bergerak dibidang tambang batu bara.

Peserta lomba yang ikut kompetisi ini adalah para pemenang lomba RT Bersih tingkat desa. 

Selain piala dan plakat, kegiatan lomba kali ini memperebutkan hadiah total senilai 25 juta rupiah dalam bentuk peralatan dan dana pembinaan. 

Juara harapan pertama diperoleh oleh RT 02 Desa Bila Bekayuk dengan meraih nilai total 261 poin. Hadiah berupa mesin penyemprot racun rumput yang diserahkan oleh Ketua Adat Desa Wisata Long Loreh (Balan Lawai). 

Tempat ketiga diraih oleh RT 02 Desa Paya Seturan dengan total nilai 285 poin. Bentuk hadiah sebuah gerobak pasir sorong Arco yang diserahkan oleh Pimpinan PT KPP site BDMA (Yudha Proklamanto). 

Tahun ini,  RT 02 Desa Langap menjadi runner up (juara kedua) dengan perolehan nilai 300 dan mendapatkan sebuah mesin pemotong rumput Stihl. Piala dan Hadiah diserahkan oleh HR Superintendent PT Mitrabara Adiperdana Tbk (Heriyandi). 

Lomba RT Bersih tahun 2020 dimenangkan oleh RT 02 Desa Wisata Long Loreh dengan total nilai perolehan 324 dan berhak memperoleh piala Juara Pertama, berupa satu buah chainsaw Stihl. Hadiah diserahkan oleh Camat Malinau Selatan (Daniel Daring Balang). 

Lomba RT Bersih tahun 2020 ini merupakan acara kerjasama antara Kecamatan Malinau Selatan dengan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Malinau selatan. Sponsor utama kegiatan ini adalah PT Mitrabara Adiperdana Tbk & PT Baradinamika Mudasukses (MA-BDMS). Sedangkan sponsor pendamping adalah PT KPP site BDMA. 


Penilaian dilakukan di tanggal 14-16 Agustus 2020 di 9 Desa yang berada di Kacamatan Malinau Selatan. Dengan menggunakan 95 indikator yang mencakup sembilan bidang yaitu; (1) umum dan administrasi, (2) kesehatan dan gizi, (3) pendidikan dan kerohanian, (4) pemuda, seni, dan olahraga, (5) ekonomi dan kesejahteraan keluarga, (6) sarana dan prasarana, (7) kebersihan dan lingkungan, (8) keamanan dan ketertiban umum, serta (9) partisipasi. 

Tim penilai terdiri dari tujuh orang juri yaitu, sebagai ketua adalah Salasa Pandan (Kasi Kesejahteraan Sosial Kantor Kecamatan Malinau Selatan), Ray Suhendra (Kasi PMD Kantor Kecamatan Malinau Selatan), Sumardjiono (Danposramil Malinau Selatan), PG Wika (Kapolsek Malinau Selatan), Roida (Puskesmas Long Loreh), Henrikus Giwang (HRGA PT KPP site BDMA), dan Heikal (CSR PT Mitrabara Adiperdana Tbk).  

Di era pandemik ini penilaian lomba RT Bersih dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, yakni menjaga jarak, membersihkan tangan saat memasuki dan meninggalkan wilayah Desa dan RT, serta tetap menggunakan masker. 

Dari sembilan bidang, lomba tahun ini menitikberatkan pada bidang administrasi dan umum serta bidang sarana dan prasarana. 

Menurut Daniel Daring Balang, peserta lomba menunjukan kualitas yang semakin meningkat dibandingkan tahun lalu. Meskipun di tengah pandemik COVID-19, warga masyarakat tetap dapat menjaga kebersihan dan sanitasi di lingkungan masing-masing RT di setiap Desa yang berada di wilayah Kecamatan Malinau Selatan. (Heikal/Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.