Header Ads

Berdayakan Guru di Indonesia, PGRI & Microsoft Luncurkan Gurulympics 2020

 

Berdayakan Guru di Indonesia, PGRI & Microsoft Luncurkan Gurulympics 2020
 Serah terima virtual, sertifikat pelatihan program TOT dari Microsoft Indonesia yang diwakilkan oleh Bapak Benny Kusuma, Education Lead Microsoft Indonesia kepada PGRI yang diwakilkan oleh Ibu Prof. Dr. Unifa Rosyidi, M.Pd. dan Bapak Prof. Richardus Eko Indrajit.

Mediacsrindonesia.com - Jakarta. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Microsoft pada 7 Oktober 2020 meluncurkan program Gurulympics 2020. Acara yang dalam rangka HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2020 itu juga sekaligus menggelar wisuda program Training of Trainers (TOT) Guru Inovatif 2020. Acaranya sendiri dilakukan secara virtual.

Gurulympics 2020 adalah sebuah program lanjutan dari program TOT. Tujuannya untuk mendorong semangat belajar dan inovasi para guru di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan keahlian para guru dan meningkatkan kualitas pendidikan yang dimulai dari tenaga pengajarnya.

Sebagaimana pandemi COVID-19 telah mendisrupsi berbagai sektor perekonomian dan sosial di tanah air, sektor pendidikan pun tak luput dari disrupsi. Sejak pengumuman pemerintah tentang status darurat virus corona, sekolah-sekolah telah tutup dari kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Terhitung sejak 16 Maret 2020 hingga hari ini, lebih dari 200 hari para siswa-siswi Indonesia melakukan program pembelajaran jarak jauh. Selama itu pula, teknologi memiliki peran yang cukup besar dalam mewujudkan kegiatan pendidikan di masa pandemi. 

Program TOT, merupakan program inisiatif dari Microsoft dan PGRI yang ditujukan untuk pengembangan kompetensi tenaga didik. Inisiatif ini telah dilaksanakan sejak Juni 2020 dan diikuti oleh 6,985 guru. Kini Program TOT telah diikuti oleh lebih dari 100.000 guru. Mulai dari jenjang TK sampai Perguruan Tinggi, dari 34 provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di 13 negara. 

Hal ini sejalan dengan misi besar Microsoft untuk memberdayakan Indonesia untuk mencapai lebih. Microsoft berkomitmen untuk membantu meningkatkan sistem pendidikan nasional dengan memberdayakan para tenaga pengajar melalui pemanfaatan teknologi. 

Berdayakan Guru di Indonesia, PGRI & Microsoft Luncurkan Gurulympics 2020
Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia saat menyampaikan pidato pembukaan acara peluncuran Gurulypmics dan wisuda Training of Trainers (TOT) Guru Inovatif 2020

“Kami membuat teknologi lebih mudah diakses serta meningkatkan keahlian teknologi informasi guna membantu sektor pendidikan bergerak maju pada saat yang penuh perubahan. Kami harap acara ini dapat menjadi akselerator teknologi di bidang pendidikan dan menjadi bukti nyata sumbangsih Microsoft untuk memberdayakan negeri ini,” kata Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia

Salah satu peserta program TOT yaitu Kamaludding, S.Pd. merupakan seorang guru SMP di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Terlepas dari tantangan yang beliau hadapi yaitu jaringan Internet yang kurang baik, tidak menyurutkan tekad beliau untuk belajar dan bergabung dalam Program TOT.

“Melalui Program TOT Saya tidak hanya belajar tentang pengoperasian aplikasi Microsoft 365 namun juga berkesempatan bertemu secara virtual dengan guru-guru lainnya di mana kami saling membantu bertukar pengalaman mengajar, berbagi tips dan ide mengajar dengan memanfaatkan teknologi Microsoft serta informasi lainnya,” kata Kamaludding. 

“Sungguh merupakan suatu pengalaman yang berharga dan bermanfaat tak hanya bagi saya tapi juga bagi para murid yang menerima pengajaran. Kelas yang saya ajar menjadi begitu interaktif walaupun dilaksanakan secara virtual, dan tugas-tugas yang saya berikan dapat dengan mudah dipantau berkat bantuan teknologi Microsoft,” tambahnya. 

Kamaludding merupakan salah satu guru yang mengikuti kelas Guru Inovatif Sulsel 1 yang dibimbing oleh master trainer Syamsul Rijal, S.Pd. yang juga seorang Kepala Sekolah di SMPN 13 Sinjai. Sebelumnya Syamsul telah menyelesaikan program TOT lebih dulu. 

“Guru yang sudah memperoleh pelatihan dapat menginspirasi dan membimbing guru yang lain merupakan efek bola salju yang diharapkan dari program TOT yang pada akhirnya dapat terus menyebar hingga ke seluruh pelosok Indonesia”, kata Syamsul.

Dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung pemerataan pendidikan, transformasi digital di bidang pendidikan dapat dipercepat sesuai dengan agenda pembangunan nasional (Nawa Cita), yaitu peningkatan kualitas Pendidikan.

“Program Gurulympics dan TOT akan membantu para guru se-Indonesia meningkatkan kreativitas serta menguatkan kolaborasi dengan para siswa. Kami bangga bisa bekerja sama dengan mitra seperti Microsoft untuk memajukan dunia pendidikan nasional dengan akses ke teknologi standar dunia. Kami ingin anak-anak kami siap maju ke tingkat berikutnya dengan pengetahuan terkini," ujar Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. 

“Microsoft akan terus aktif menyelenggarakan program edukasi dan pelatihan bagi para guru di Indonesia karena kami percaya bahwa dengan memberdayakan satu guru dapat memberdayakan semua murid-muridnya,” tutup Haris Izmee. (Endra)


Diberdayakan oleh Blogger.