Header Ads

PT Pertamina Lubricants Kembali Raih Nusantara CSR Award 2020



Mediacsrindonesia.com - Jakarta. Dalam komitmennya untuk terus menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dan sebagai upaya untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs), PT Pertamina Lubricants membuktikan keberhasilan program CSR dengan kembali meraih penghargaan Nusantara CSR Award 2020 dari The La Tofi School of CSR. Acara penyerahan penghargaan tersebut digelar di Ramayana Terrace Hotel Indonesia Kempinksi, Kamis (22/10).

Nusantara CSR Award ke-11 ini didedikasikan sebagai bagian dari pemulihan ekonomi nasional yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memacu perusahaan dalam mencari inovasi, strategi dan inisiatif baru yang dapat diadopsi untuk mengatasi kebutuhan sosial di masyarakat.

PT Pertamina Lubricants meraih dua dari sebelas kategori penghargaan yang tersedia, yakni kategori Pelibatan Komunitas dalam Menangani Sampah untuk program Bank Sampah dan Ngopi Bayar Pakai Sampah serta Peningkatan Mutu Pendidikan untuk program Digital Entrepreneurship Enduro Home Service

“Melalui penghargaan ini, PT Pertamina Lubricants terus berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat dan lingkungan di wilayah operasi dan terus mengedepankan peningkatkan mutu pendidikan untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang mandiri, unggul dan memiliki daya saing tinggi,” ungkap PR Manager PT Pertamina Lubricants, Intania Prionggo. 

Pelibatan Komunitas dalam Menangani Sampah

Sejak tahun 2019, PT Pertamina Lubricants melalui pabrik pelumas Production Unit Jakarta telah memberikan mentorship dan pendampingan kepada Bank Sampah Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara. Upaya yang dilakukan dengan memberikan edukasi dan sosialisasi pengelolaan sampah serta pengelolaan keuangan kepada kelompok dan masyarakat. Selain itu juga ada pemberian bantuan alat operasional dan penunjang daur ulang sampah, guna membantu meningkatkan nilai ekonomi Bank Sampah.

PT Pertamina Lubricants melalui Production Unit Gresik juga telah menandatangani komitmen pengurangan sampah bersama di Kelurahan Sidokumpul dengan meluncurkan program Bayar Kopi Pakai berkolaborasi dengan Karang Taruna Jagal Bangkit RW 7 Kelurahan Sidokumpul. Program ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik maupun sampah lainnya di lingkup masyarakat dan menyadarkan masyarakat luas akan pentingnya pemanfaatan sampah plastik untuk di daur ulang menjadi barang yang bernilai ekonomis. 

Selain menjalankan program Bayar Kopi Pakai Sampah, Karang Taruna Jagal Bangkit juga melakukan Kerajinan Sampah Stiker pelumas Pertamina untuk dijadikan Damar Kurung dengan nilai jual.

Tingkatkan Mutu Pendidikan Secara Digital

Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pendidikan di Indonesia khususnya di era digitalisasi, PT Pertamina Lubricants telah meluncurkan aplikasi Android Enduro Home Service (EHS) sebagai platform belajar dan berwirausaha bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Dengan hadirnya aplikasi ini, pembelajaran EHS bagi siswa SMK yang biasanya dilakukan di kelas kini dapat dilakukan secara online. Siswa dapat berinteraksi dan belajar secara virtual dengan guru, instruktur dan mekanik bengkel mitra Pertamina Lubricants, melakukan pendataan pemesanan, jumlah konsumen dan transaksi pelayanan home service, sekaligus dapat memesan pelumas Pertamina sesuai dengan kebutuhan.

EHS merupakan program CSR yang bertujuan untuk membangun mental entrepreneurship dan mendorong siswa SMK untuk menjadi lebih produktif dan mandiri dengan memadukan kompetensi teknis yang diperoleh dari pembelajaran produktif di kelas dengan materi kewirausahaan. Output dari program ini berupa pelayanan home service. Program ini mendukung tujuan SDGS ke 4 di Bidang Pendidikan dalam target peningkatan jumlah pemuda yang terampil dalam teknik, kejuruan, dan kewirausahaan.

“Kami berharap apresiasi yang diberikan melalui penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh tim CSR PT Pertamina Lubricants untuk terus berkontribusi terbaik kepada masyarakat,” tutup Intania. (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.