Header Ads

PT Mitrabara Adiperdana, Tbk. Raih Penghargaan di Indonesian CSR Award 2020


Khoirudin, Dirut MA menerima penghargaan yang diserahkan oleh Eddy Mulyanto, Kabid Pengembangan Organisasi dan Chapter CFCD


PT Mitrabara Adiperdana, Tbk (MA) mendapatkan apresiasi atas kinerja sosial masyarakat di ajang Indonesian CSR Award (ICA) 2020 dengan meraih penghargaan Katergori Emas (Gold). Kegiatan yang diadakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD). 

Acara penganugerahan ini dilaksanakan pada Jumat, 6 November 2020 di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Penghargaan langsung diserahkan oleh Eddy Mulyatno selaku Kepala Bidang Pengembangan Organisasi CFCD kepada Direktur Utama PT MA, Tbk, Khoirudin. 

Penghagaan yang diraih oleh PT MA, Tbk atas subject inti ISO 26000 di bagian Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat dalam program UMKM Café Sahabat sebagai peningkatan Pendapatan Pemuda dalam mendukung Program Desa Wisata Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. 

Bersaing dengan 106 program dari perusahaan lain yang masuk dalam bidang pelibatan dan pengembangan masyarakat, program UMKM Café Sahabat memiliki nilai tambah tersendiri dari hasil penilaian juri. Café Sahabat dioperasionalkan oleh pemuda desa yang terhimpun dalam Karang Taruna Ca’ Tawai ini terbilang ramah lingkungan. 

Pengelola mampu mengelola dan memanfaatkan barang tidak pakai menjadi sesuatu yang bernilai, seperti drum bekas menjadi kursi, parabola menjadi payung, serta pemilihan lokasi yang berada dekat danau kecil yang dinilai tepat. Tentunya masih banyak hal yang perlu dilakukan perbaikan sebagaimana masukan dari dewan juri, seperti pengembangan unit usaha, media promosi, dan juga pemanfaatan teknologi tepat guna. 

CSR ER Manager PT MA, Tbk, Ibnu Wahyu Hidayat menyambut penuh syukur atas pencapaian PT MA di ICA 2020. 

“ICA 2020 adalah keikutsertaan MA untuk pertama kali dalam event CSR yang diadakan setiap 3 tahun sekali ini. ICA merupakan salah satu event paling bergengsi setiap perusahaan di bidang CSR. Penghargaan ini adalah hadiah atas hasil dari komitmen kami dari perusahaan yang secara konsisten menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan dalam mengembangkan masyarakat dan ikut turut serta dalam menyukeskan program-program unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Malinau. Keberhasilan ini tak lepas dari atas hasil kerja sama yang baik antar pemangku kepentingan. Semoga sinergi yang baik ini bisa membawa kebaikan untuk kita semua kedepannya. Kondisi pandemi Covid19 tidak menyurutkan langkah kami dalam terus berbuat yang terbaik untuk pengembangan masyarakat, setiap kegiatan yang kami lakukan tetap kami perhatikan dengan detail protokol kesehatan,” ujarnya.

CFCD merupakan Forum CSR tingkat nasional yang diinisiasi dan dibentuk oleh perusahaan-perusahaan sebagai jejaring dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan. Saat ini CFCD  beranggotakan ratusan perusahaan dan lembaga mitra lainnya. Ajang ini diadakan setiap 3 tahun sekali, diikuti oleh perusahaan –perusahaan multi sektor  di Indonesia, dengan proses penilaian mengacu pada ISO 26000 dan Sustainable Development Goals (SDGs).

Penganugerahan ICA 2020 turut dihadiri oleh Komite CFCD, diantaranya Sarwat Fardaniyah selaku Ketua Steering Committee (SC), Puji Winarni selaku Sekertaris Utama Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Thendri Supriyatno selaku Ketua Umum CFCD periode 2020-2023.

Dalam sambutannya Ketua Umum CFCD 2020-2023, Thendry Supriyatno, mengatakan bahwa CSR adalah sesuatu yang dinamis karena dia mengikuti perubahan kemajuan industri, teknologi dan perubahan demografi. CFCD selaku mitra dari perusahaan pun harus ikut mampu menyesuaikan diri dan tetap konsisten memberikan nilai untuk kemakmuran bangsa. Karena CSR is our state responsibility

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada para pemenang, mudah-mudahan kemenangan dan penghargaan ini memberikan semangat kepada perusahaan untuk terus menjalankan program sosial yang berkelanjutan agar masyarakat bisa sejahtera serta menjadi inspirasi kepada perusahan yang lain dalam memperbaiki program-program CSR ke depan”. (Endra/Sonie)

Diberdayakan oleh Blogger.