Header Ads

PT Pertamina Lubricants Berikan Pelatihan Aplikasi Enduro Home Service ke Guru SMK


Mediacsrindonesia.com - Cilacap. Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, PT Pertamina Lubricants melalui salah satu pabriknya Production Unit Cilacap (PUC) menyelenggarakan pelatihan pengelolaan aplikasi digital program CSR dan vokasi link & match pendidikan dan industri yakni Enduro Home Service (EHS) bagi 15 guru dari 5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Cilacap. 

EHS merupakan program CSR yang mengajak berbagai SMK di Indonesia untuk memadukan kompetensi teknis yang diperoleh dari pembelajaran produktif di kelas dengan materi kewirausahaan. Output dari program ini berupa pelayanan home service oleh siswa untuk masyarakat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa yang membutuhkan jasa berbaikan kendaraan roda dua, ganti oli, dan servis ringan lainnya. 

Sebelumnya, pada bulan Oktober telah diluncurkan aplikasi digital untuk program tersebut. Hal ini agar proses belajar mengajar serta praktik home service dapat terus dilakukan dengan optimal oleh guru dan siswa walau masih dalam masa pandemi Covid-19. 

"Menghadirkan aplikasi digital EHS ini merupakan komitmen kami untuk terus memberikan platform belajar mengajar kewirausahaan bagi guru dan siswa. Peran guru menjadi vital dan tentu memiliki tujuan besar bagi kemajuan bangsa ini. Mereka adalah pahlawan bangsa. Kami bangga bisa menjadi bagian dari kemajuan guru serta bidang pendidikan di Indonesia secara menyeluruh,” tutur Anugrah Saputra, Manager PUC.

Dalam pelatihan ini, Anugrah kembali menyampaian bahwa EHS merupakan salah satu bentuk program link & match yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  Pelayanan home service yang dilakukan siswa bertujuan untuk memajukan semangat mandiri siswa dan kedepannya dapat mendorong wirausaha siswa dan dapat turut menggerakkan roda perekonomian Indonesia. 

“Kami juga berharap EHS dan silabusnya dapat diadopsi di berbagai SMK lainnya dan semakin terakselerasi dengan teknologi informasi dan digitalisasi khususnya dengan aplikasi EHS,” lanjutnya Anugrah. 



Kegiatan pelatihan bertajuk "Pelatihan Web dan Aplikasi Enduro Home Service" pada 10 November tersebut lebih memantapkan guru dalam mengoptimalkan fitur yang ada dalam aplikasi. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur seperti Ruang Belajar dimana guru dan siswa dapat berinteraksi dengan modul belajar, serta Ruang Bengkel untuk pembelajaran teori teknis dunia perbengkelan. Siswa juga dapat mengisi laporan pelaksanaan home service yang dapat dipantau oleh setiap guru. 

“Aplikasi ini memberikan banyak manfaat bagi kami. Sebagai guru, situasi pandemi ini tentu mengubah cara kami mengajar dan aplikasi ini memberikan kemudahan yang nyata. Adanya fitur-fitur belajar mengajar menambah pengalaman kami untuk mengajar secara daring,” ungkap Hasan Basri, Guru dan Ketua Program Studi Otomotif SMK Tamtama 2 Sidareja.

Mukholid Anshori, Guru Wirausaha SMK Negeri 2 Cilacap juga menyampaikan antusiasmenya terhadap penggunaan aplikasi ini. 

“Kami dapat mengunggah materi kewirausahaan di aplikasi ini kemudian siswa dapat mengaksesnya dan memberikan feedback. Ada fitur baru yakni presensi dengan bukti lokasi lewat GPS. Hal ini membantu kami untuk memonitor saat siswa benar-benar sedang praktek home service di lapangan," papar Mukholid.

Kegiatan ini diikuti oleh SMK Negeri 2 Cilacap, SMK YPE Cilacap, SMK Al Munawarroh, SMK Tamtama 2 Sidareja dan SMK Negeri Nusawungu. (Endra/Intania)

Diberdayakan oleh Blogger.