Header Ads

PT Pertamina Lubricats Raih 2 Penghargaan di Ajang Local Hero Award 2020



Mediacsrindonesia.com - Jakarta. PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) sabet dua penghargaan pada ajang Local Hero Awards 2020 pada 1 Desember 2020 di Jakarta. Penghargaan diraih Local Hero di wilayah Ring I Production Unit Gresik bernama Imam Wahyu yang berhasil memperoleh Juara 3 dan juara favorit untuk kategori Hijau. Adapun Juara 1 dan 2 diraih oleh mitra binaan Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field (Pungki Nanda Pratama) dan Pertamina EP Asset 2 Limau Field (Etika Oktasari).

Ajang penghargaan yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-63 PT Pertamina (Persero). Dalam ajang ini, Pertamina memberikan apresiasi kepada para tokoh lokal mitra binaan CSR & SMEPP Pertamina Group di sekitar wilayah operasi Pertamina yang telah berperan aktif memberikan karya nyata dalam melakukan perubahan sosial dan menginspirasi masyarakat ke arah yang lebih baik. 

Local Hero Awards 2020 bertujuan mencari sosok yang berjasa dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan dapat dijadikan panutan (role model) bagi masyarakat sekitar serta ikut menyosialisasikan dan mempublikasikan kegiatan CSR Pertamina. Hal ini guna mendukung operasional perusahaan yang terbagi menjadi 5 kategori, yaitu: 1. Kategori Sehat 2. Kategori Cerdas 3. Kategori Hijau 4. Kategori Berdikari 5. Kategori Kemitraan.

Imam Wahyu merupakan Ketua Karang Taruna Kelurahan Sidokumpul yang berperan sebagai aktor penggerak masyarakat. Perannya mampu mengubah permasalahan di sebuah desa yang kumuh menjadi sebuah desa wisata edukasi daur ulang sampah dan urban farming di Kabupaten Gresik.

Imam Wahyu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam keberhasilannya selama ini. 

“Alhamdulillah, kemenangan ini saya peruntukan bagi masyarakat RW 7 Sidokumpul. Saya ucapkan terima kasih kepada PT Pertamina Lubricants yang senantiasa memberikan dukungan serta bantuan moril dan materil yang selama ini diberikan kepada kami dalam mengembangkan lingkungan dan masyarakat di Kelurahan Sidokumpul,” ungkapnya.

Manager Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants, Dody Arief Aditya mengucapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang diberikan kepada Imam Wahyu selaku Local Hero binaannya. 

“Hal ini merupakan wujud komitmen kami untuk tumbuh bersama masyarakat melalui pembinaan di wilayah operasi agar terus berkontribusi dan menginspirasi bagi sesama dan untuk lingkungannya. Semoga kami dapat terus mendukung semua kegiatan yang menghadirkan inspirasi dan kemanfaatan serta kemandirian bagi masyarakat wilayah operasi kami,” harap Dody.

Kisah Perjuangan Imam Wahyu

Imam Wahyu bersama Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants melakukan program CSR pengelolaan lingkungan sampah kering. Aktivitasnya berupa Ngopi Bayar Pakai Sampah dan Bank Sampah yang dikombinasikan dengan sampah stiker non B3 untuk menjadi produk Damar Kurung melalui pembinaan anak-anak Karang Taruna dan Ibu-ibu PKK.

Selain itu, ia mengembangkan urban farming polikultur yang lebih luas dengan pemanfaatan selokan untuk budidaya ikan lele. Berbagai program bidang lingkungan ini mendapatkan apresiasi dari pemerintah dan masyarakat sehingga dinobatkan menjadi kampung ekowisata edukasi dengan nama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sidokumpul Berhias. 



Pada 20 Agustus 2020, Kampung yang dibina oleh Imam Wahyu tersebut resmi menjadi objek wisata edukasi berdasarkan Surat Keputusan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gresik.

Upaya yang dilakukan Imam Wahyu bagi Kampung Kerajinan Daur Ulang dan Edukasi Urban Farming (Kreasi) yang ia bina berhasil mendapatkan berbagai penghargaan lainnya, diantaranya:

- Juara Kampung Terinovatif Se-Kabupaten Gresik oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik Tahun 2019.

- Juara 3 Urban Farming Se-Kabupaten Gresik oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gresik Tahun 2019.

- Memperoleh Surat Keputusan Desa Wisata Edukasi Kabupaten Gresik oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tahun 2020.

- Memperoleh Surat Keputusan menjadi Tenaga Pendamping dalam Pelatihan Manajemen Homestay/Pondok Wisata/Rumah Wisata, Dana Alokasi Khusus Non-Fisik bidang Pariwisata dan Pelayanan Kepariwisataan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik. (Endra/Intania)

Diberdayakan oleh Blogger.