Header Ads

Yayasan Korindo Berdayakan UMKM Melalui Program Pendampingan



Mediacsrindonesia.com - Jakarta. Yayasan Korindo, bagian yang khusus menangani kontribusi sosial Korindo Group, berupaya mendukung kemandirian ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Komitmen ini diwujudkan melalui program Program Kemitraan Yayasan Korindo yang mengangkat tema Korindo Green Sponsorship 2021. 

Dalam program tersebut, Yayasan Korindo memberikan dana bantuan pendampingan maksimal Rp 30 juta untuk dua organisasi terpilih selama dua tahun periode program. Penerima manfaat dipilih setelah melalui proses seleksi proposal yang sudah dilakukan sejak April tahun ini.  

Kajang Mandiri Sejahtera menjadi salah satu penerima manfaat Korindo Green Sponsorship 2021. Kelompok UMKM ini bergerak dalam bidang peternakan lele. Lokasi usahanya terletak di Desa Rawarengas, Kosambi, Tangerang,

Dipimpin oleh Panca Suryadi, Kajang Mandiri Sejahtera berupaya membantu ekonomi masyarakat Desa Rawarengas melalui ternak lele. 

“Prospek budidaya lele di sini sangat menjanjikan, karena banyak pedagang lele yang bisa kami ajak kerja sama. Konsumennya pun banyak, mengingat mayoritas warga suka dengan ikan lele,” tutur Panca. 

Panca menyebutkan, bantuan yang diberikan Yayasan Korindo akan dimanfaatkan untuk membangun instalasi listrik maupun instalasi peternakan, membeli bibit lele dan pakan hingga vitamin. Untuk area budidaya, Kajang Mandiri Sejahtera memanfaatkan empang yang ada di lingkungan mereka sendiri. 

Kedepannya, Kajang Mandiri Sejahtera berencana menggaet Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Rawarengas untuk bekerja sama dalam pendistribusian ikan lele ke pedagang ikan ataupun pedagang pecel lele. Sementara itu, masyarakat juga bisa membeli langsung ke Kajang Mandiri Sejahtera dengan harga jual yang telah disepakati.

“Jadi, perputaran ekonomi akan terus berlangsung dan melibatkan masyarakat di lingkungan kami,” ujar Panca. 

Dengan sistem yang sudah dibuat ini, Panca berharap, kehadiran Kajang Mandiri Sejahtera dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. Khususnya di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Panca menyampaikan apresiasi mendalam kepada Yayasan Korindo. Melalui program pemberdayaan UMKM ini, warga Desa Rawarengas kini memiliki harapan yang lebih besar untuk bertahan pada masa pandemi. 

“Saya sangat berterima kasih Yayasan Korindo sudah membantu masyarakat yang terdampak pandemi. Mudah-mudahan tidak sebatas di sini, tapi terus berlanjut ke program berikutnya,” ujarnya. 

Korindo Green Sponsorship 2021 merupakan program terbaru Yayasan Korindo dengan tujuan mendukung perkembangan komunitas, termasuk UMKM. Program ini melibatkan komunitas di wilayah Jabodetabek, dan tidak hanya terfokus di lingkungan Kecamatan Pancoran saja seperti yang kerap dilakukan dalam program Yayasan Korindo selama empat tahun terakhir. Lokasi kantor Korindo Group berada.

Selain Kajang Mandiri Sejahtera, satu organisasi lainnya yang terpilih mendapatkan pembiayaan Korindo Green Sponsorship adalah Komunitas Pecinta Yatim dan Dhuafa di Cikarang, Kabupaten Bekasi. Komunitas ini ingin menghadirkan usaha di bidang pertanian dan peternakan ikan. Hasilnya akan digunakan sebagai donasi kepada anak yatim dan dhuafa guna mengurangi ketergantungan dari donatur yang ada. 



Perwakilan Yayasan Korindo Setiyono yang hadir dalam peresmian program melalui tebar benih ke kolam menjelaskan, Green Sponsorship 2021 mengedepankan prinsip keberlanjutan, sesuai dengan dengan nilai Corporate Social Contribution (CSC) Korindo Group lainnya. 

“Oleh karena itu, Yayasan Korindo tetap akan memantau dan memberikan pendampingan terhadap program terpilih selama satu tahun periode program,” katanya. 

Sebelumnya, Yayasan Korindo telah menjalankan sejumlah program kemitraan. Di antaranya budidaya hidroponik dan akuaponik di pinggiran Sungai Ciliwung yang menggandeng kelompok tani di Pengadegan, Pancoran, Jakarta. (Endra)



Diberdayakan oleh Blogger.