Header Ads

PT Pertamina Lubricants Bangun Kampung Integritas dan Kolaborasi di Kelurahan Tugu Selatan

 



MediaCSRIndonesia.com - Jakarta. PT Pertamina Lubricants (PTPL) bersama Pemerintah Daerah Jakarta Utara meresmikan program CSR Tugu Selatan Kampung Integritas dan Kolaborasi di halaman Kantor Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara hari ini, Jumat (29/10). 

Peresmian ditandai dengan persembahan seni tarian Betawi Ngarojeng dari sanggar Candra Permata binaan PTPL melalui program Tugu Berdaya. Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti Bengkel Sampah Tukar Oli, serta Gapura Kelurahan Tugu Selatan oleh Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim. 

Peresmian dihadiri oleh Camat Koja Ade Himawan dan Lurah Tugu Selatan Sukarmin. Selain itu juga dari perwakilan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Suku Dinas Tenaga Kerja, Energi, dan Transmigrasi Jakarta Utara, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Utara, Kader Puskesmas Kelurahan Tugu Selatan, dan masyarakat binaan CSR PTPL dari RW 01 – 04 Kelurahan Tugu Selatan. Sedangkan dari PTPL turut hadir Manager Production Unit Jakarta (PUJ) Dody Arief Aditya dan Senior CSR Officer PTPL Subhan Amrullah.   

Acara dilanjutkan dengan berkeliling bersama untuk melihat produk-produk hasil pemberdayaan masyarakat setempat. Lalu ditutup dengan hiburan musik dari musisi setempat yakni Bank Presiden Trotoar. 



Program CSR Tugu Selatan Kampung Integritas dan Kolaborasi merupakan sebuah langkah sinergi dan kolaborasi antara PTPL, Pemerintah, dan masyarakat setempat dalam membangun program-program sosial dan lingkungan di wilayah Kelurahan Tugu Selatan. 

Peresmian hari ini merupakan sebuah langkah awal untuk masyarakat, Pemerintah Daerah, dan pelaku usaha untuk bahu-membahu mengembangkan potensi yang ada di wilayah sekitar mulai dari aspek lingkungan hingga ekonomi.


Saat ini, sudah ada berbagai program yang berjalan antara lain Program Bank Sampah Berkah, Sampah Tukar Oli, Kampung Sirih Sehati, dan Tugu Berdaya. 

Bank Sampah Berkah merupakan program lingkungan untuk mengurangi tumpukan sampah melalui tabungan sampah. Kegiatan ini berjalan kesinambungan sejak tahun 2018 dan sudah memiliki 4 Bank Sampah unit di lingkangan RW,  komunitas kerajinan limbah drum dan majun, serta memiliki produk olahan limbah pupuk kompos di tahun 2021.  

Sedangkan Bengkel Sampah Tukar Oli merupakan program bersinergi dengan Bank Sampah Berkah Kelurahan Tugu Selatan sebagai inovasi dimana sampah yang ditabung dapat ditukar servis ringan dan ganti oli motor. Program ini juga membantu memberdayakan masyarakat setempat melalui mekanik bengkel. 

Dalam aspek pemberdayaan masyarakat, PTPL juga mengembangkan program Kampung Sirih Sehati syang sudah diinisiasi dari tahun 2020. Kampung Sehati berjalan dengan pendekatan ekonomi dan kesehatan melalui budidaya sirih, pengolahan produk sirih, dan posyandu Homecare

Sedangkan Program Tugu Berdaya adalah program Pemberdayaan Remaja melalui Pelatihan dan Service AC, serta pelestarian Kesenian Betawi. 

Manager Production Unit Jakarta PTPL, Dody Arief Aditya mengungkapkan, bahwa diresmikannya kampung ini merupakan wujud antusiasme yang dipadukan dengan komitmen tinggi untuk berkerja sama dan berkolaborasi. 

"Kami berharap semua program dapat dilaksanakan secara keberlanjutan, membawa dampak positif bagi pengurus, Pemerintah Daerah Kelurahan Tugu Selatan dan masyarakat,” jelas Dody.  

“Saya apresiasi dan berterimakasih kepada PT Pertamina Lubricants yang sudah mendukung penuh kegiatan masyarakat Kelurahan Tugu Selatan melalui program CSR nya. Kami juga berharap sinergi ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan atau wilayah lain untuk dapat berkolaborasi bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat di wilayah Jakarta Utara. Semoga kedepannya program yang berjalan dapat berkelanjutan dan membawa dampak yang positif bagi semuanya," ucap Ali Maulana Hakim Walikota Jakarta Utara. 

Program ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative yakni membangun kolaborasi baik di lingkungan internal dan eksternal, Go Sustainable dalam menghadirkan kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan, serta turut berkontribusi dalam pencapaian Sustainable dan Development Goals (SDGs) nomor 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dan nomor 17 yakni Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan. (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.