Header Ads

PT Pertamina Lubricants Production Unit Cilacap Perkuat Sinergi SMK dalam Program Enduro Home Service

PT Pertamina Lubricants Production Unit Cilacap Perkuat Sinergi SMK dalam Program Enduro Home Service

  

Mediacsrindonesia.com – Cilacap. Sebagai upaya memperkuat pembinaan entrepreneurship siswa SMK, PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui Production Unit Cilacap (PUC) menyelenggarakan Rapat Koordinasi SMK Binaan Program Enduro Home Service (EHS) dengan tema kegiatan “Memperkuat Kerjasama dan Mengoptimalkan Sumber Daya untuk Menuju Sekolah Pencetak Wirausaha”. Acara dilakukan di Aula SMK Negeri 2 Cilacap, pada Rabu, 16 Februari 2022.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Cilacap Akhmad Murwanto, Manager PUC PTPL Prasetiyo Budi, Sales Area Manager Jateng-DIY PTPL Anjar Bima Prakoso, para tenaga pendidik SMK Harapan Mulya Kendal,  SMK YPE Cilacap, SMK Al Munawwarah Cilacap, SMK Tamtama 2 Sidareja, dan SMK N Nusawungu Cilacap.

Manager PUC PTPL Prasetiyo Budi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pada tahun 2019 di SMK N 2 Cilacap sebagai pilot project. Program EHS memiliki misi untuk meningkatkan kemampuan entrepreneurship siswa, membina bengkel sekolah, dan menjalin kemitraan.

“Kini sudah ada 5 sekolah yang bergabung dengan misi yang sama. Untuk itu kegiatan rapat ini bertujuan menyusun kembali langkah ke depan selanjutnya,” jelas Presetiyo.

Lanjutnya lagi, Prasetiyo Budi menyampaikan dukungannya terkait keberlanjutan program EHS. Harapnya Program EHS terus dapat menjadi program yang membantu sekolah meningkatkan kemampuan siswa dan menciptakan lulusan yang kompeten, khususnya dalam hal wirausaha.



EHS merupakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan dibidang pendidikan bagi siswa SMK yang dibagi menjadi 2 fase, yakni fase edukasi dan fase praktek entrepreneurship. Program ini dibawah bimbingan langsung PTPL dimana siswa tidak hanya menerima materi entrepreneurship berupa teori/textbook saja, namun juga didorong untuk implementasi entrepreneurship sehingga pembelajaran kewirausahaan yang diperoleh memberikan dampak langsung bagi siswa. Siswa juga memperoleh pengetahuan pelumas dan pelumasan dan teknis penjualan dan pemasaran.

Dalam program ini para siswa didampingi oleh tenaga terlatih untuk dapat memperoleh pengalaman, mulai dari mencari target konsumen, berkomunikasi konsumen, menyampaikan info produk, meningkatkan kemampuannya di bidang mekanik, memberikan solusi pada masalah konsumen, mengetahui mekanisme bengkel, membuat database konsumen, hingga siswa memiliki pengalaman memperoleh penghasilan dari kerja keras sendiri.

Hasil dari Rapat Koordinasi yang dilaksanakan diantaranya adalah memantapkan peta jalan program, memberikan ide terkait pendampingan siswa, serta pengembangan bisnis bengkel sekolah.

Diharapkan SMK binaan ini dapat terus mengembangkan kemampuan siswanya dan mengembangkan bisnis bengkel sekolah sehingga menjadi nilai tambah bagi siswa, guru dan lingkungan sekitar.

Program ini sejalan dengan komitmen ESG (Economic, Social, & Governance) Pertamina yaitu Go Sustainable dan Go Collaborative yakni membangun kolaborasi baik di lingkungan internal dan eksternal dan menghadirkan pendidikan berkualitas yang berkelanjutan, serta sebagai wujud kontribusi PTPL dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 4 tentang Pendidikan Berkualitas dan nomor 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.