Header Ads

Mewujudkan Program Kampung Iklim bersama Pertamina Lubricants

 


Mediacsrindonesi.com – Cilacap. PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui salah satu pabriknya Production Unit Cilacap (PUC) menerima penghargaan dari Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji sebagai perusahaan yang telah membina dan bekerjasama dalam Program Kampung Iklim (PROKLIM) di Kabupaten Cilacap.

Bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, PTPL turut membina wilayah RW 5 Tambakreja yang berada di pesisir dan rentan terdampak perubahan iklim. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan dorongan bagi perusahaan untuk meningkatkan pendampingan.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKLH) Kab. Cilacap Her Sri Nintowati mengatakan bahwa predikat PROKLIM didapatkan melalui serangkaian penilaian. Wilayah perlu mendaftarkan dan memberikan bukti dalam Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI) serta melengkapi data dalam aplikasi SPECTRUM. Data tersebut selanjutnya diverifikasi melalui tinjauan offline dan online oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah.

Manager PUC PTPL Prasetiyo Budi berterimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemda dan melihat ini sebagai motivasi agar PTPL mampu memberikan pendampingan dan pembinaan wilayah Tambakreja dengan lebih optimal.

“RW 5 Tambakreja merupakan wilayah yang perlu mendapatkan perhatian serius. Masyarakat setempat saat ini kami berikan dukungan untuk menjalankan berbagai kegiatan lingkungan sebagaimana dua fokus Proklim yakni aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim,” tuturnya.

Wilayah RW 5 Tambakreja terdiri dari 13 RT dengan penduduk 3621 jiwa dan berlokasi di ketinggian 6 mdpl, berada di pesisir, dan memiliki permasalahan utama yakni banjir rob dan sampah. PUC memberikan pendampingan lingkungan sejak 2019, diantaranya melalui perintisan Bank Sampah Berseri, kegiatan konservasi air hujan, dan rangkaian peningkatan kapasitas masyarakat.



PUC menginisasi pelaksanaan pertemuan stakeholders pada awal tahun 2022 untuk kembali memecahkan masalah-masalah lingkungan RW 5 Tambakreja. Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Pengembangan Infrastruktur dan Wilayah BAPPEDA Kab. Cilacap, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Cilacap, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Politeknik Negeri Cilacap dan 12 instansi terkait lainnya.

“Kami berterimakasih kepada Production Unit Cilacap karena diberikan ruang untuk bertemu dengan SKPD Kabupaten Cilacap hingga akademisi untuk memaparkan pemetaan masalah di lingkungan kami. Hasilnya, beberapa potensi kerjasama dan sinergi berkaitan dengan lingkungan akan dilaksanakan tahun ini,“ terang Ngadiyana, Ketua RW 5 Tambakreja.

Melalui pendampingan dari PUC, Proklim RW 5 Tambakreja mendapat penghargaan Kategori Madya dari Dirjen Pengendalian dan Perubahan Iklim. Kedepannya, PTPL akan menggencarkan pendampingan dalam peningkatan kegiatan yang memberikan dampak ekonomi bagi lingkungan binaan. (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.