Header Ads

Pertamina Lubricants bersama Kementerian Hukum dan HAM Resmikan Bengkel Enduro Sahabat Lapas IIB Sleman

 

Pertamina Lubricants bersama Kementerian Hukum dan HAM Resmikan Bengkel Enduro Sahabat Lapas IIB Sleman

Mediacsrindonesia.com – Sleman. Dalam upaya terus mendorong kemandirian masyarakat melalui program entrepreneurship di bidang perbengkelan, PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui wilayah Sales Region IV kembali meresmikan Bengkel Enduro Sahabat Lapas di Lapas II B Sleman (Cebongan) Jawa Tengah pada hari Sabtu, 12 Maret 2022.

Peresmian Bengkel Enduro Sahabat Lapas ini merupakan suatu pencapaian yang tercatat di Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia khususnya wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peresmian dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Ir. Razilu M.Si, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Drs. Imam Jauhari, MH, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Gusti Ayu Putu Suwardani, Kepala Lapas IIB Sleman H. Kusnan, Amd.IP, S.Sos, SH. MH, Sales Region Manager IV PTPL Komang Wira Kardita, Senior CSR Officer PTPL M. Subhan Amarullah serta rekan-rekan CSR dan CDO PTPL.

Kegiatan diawali dengan gunting pita dan penandatanganan plakat bengkel oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham RI Ir. Razilu M.Si. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan piagam kerjasama antara PTPL dan Lapas IIB.

Pertamina Lubricants bersama Kementerian Hukum dan HAM Resmikan Bengkel Enduro Sahabat Lapas IIB Sleman


Enduro Sahabat Lapas merupakan program CSV antara PTPL dengan dengan Lapas IIB Sleman yang sudah terbentuk sejak tahun 2021. Program sinergi ini bertujuan meningkatkan keterampilan kerja bidang perbengkelan kendaraan bermotor, kemampuan mekanik, dan memberdayakan jiwa kewirausahaan khususnya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai bekal kemandirian setelah bebas dari Lapas nanti untuk menjadi manusia mandiri dan siap bersosialisasi kembali di tengah masyarakat.

Sales Region Manager IV PTPL Komang Wira Kardita menuturkan bahwa Enduro Sahabat Lapas adalah bentuk tanggung jawab dan kepedulian kepada komunitas dan masyarakat dimana PTPL beroperasi.

“Harapannya adalah program ini mampu menciptakan kesempatan kedua bagi WBP dan membuka lapangan pekerjaan baru dengan semangat yang tinggi di dunia otomotif khususnya perbengkelan,” jelasnya lagi.

PTPL memberikan dukungan program antara lain memberikan pelatihan mekanik serta pemberian bantuan modal dan sarana pelayanan bengkel untuk WBP. Ini sebagai salah satu upaya pembinaan dalam mempersiapkan keterampilan kerja pasca masa tahanan selesai.

Sebelum peresmian bengkel ini, program sudah dijalankan sejak 16 November 2021, dan selama dua minggu, para WBP menerima pelatihan dari IPTTI (Institusi Pengembangan Teknologi Terapan Indonesia) Jogja mengenai ilmu mekanik dan servis ringan. Dengan resmi dibukanya bengkel ini, akan ada enam WBP yang siap untuk mengoperasikan bengkel. (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.