Header Ads

Pertamina Lubricants Luncurkan Program Celengan Sampah

 

Pertamina Lubricants Luncurkan Program Celengan Sampah

Mediacsrindonesia.com – Jakarta. Dalam rangka pengembangan program pengolahan limbah, PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui salah satu pabriknya Production Unit Jakarta (PUJ) bersinergi dengan Bank Sampah Berkah Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara, meluncurkan program "Celengan Sampah (Tabungan Limbah Botol)". Acara peluncuran dilakukan pada Ahad, 27 Maret 2022. 

Program "Celengan Sampah (Tabungan Limbah Botol)" merupakan program pengendalian limbah dalam bentuk penyediaan drum hasil daur ulang dari limbah padat non B3 Pertamina Lubricants. Drum ini akan dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan/membuang limbah botol yang ditempatkan di setiap Rukun Warga (RW) di wilayah Kelurahan Tugu Selatan dan ditempatkan juga di sekretariat RW itu sendiri.

Peluncuran dihadiri oleh Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Tugu Selatan, Budi Santosa. Turut didampingi oleh Supervisor HSSE Area Jakarta PUJ, Gigih Wahyu Akbar, dan Ketua RW Kelurahan Tugu Selatan.

Budi Santosa menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PTPL PUJ karena terus berupaya penuh menjalankan program-program pengelolaan sampah, pelestarian lingkungan, dan selalu memberikan dukungan kepada warga Kelurahan Tugu Selatan dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar.

“Saya mewakili seluruh warga Tugu Selatan, Jakarta Utara, memberikan apresiasi yang tinggi kepada PUJ yang sejak 2018 terus berkomitmen memberdayakan masyarakat sekaligus menjaga lingkungan. Bank Sampah Berkah saat ini manfaatnya sudah sangat dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.

Senada dengan Budi Santosa, Ketua Rukun Warga 05 Kelurahan Tugu Selatan, Suwarso, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PTPL.

“Saya menyampaikan rasa terima kasih dan juga apresiasi kepada PTPL atas komitmennya dalam memajukan Bank Sampah Berkah melalui program yang bermanfaat dan mampu berkontribusi besar terhadap pengurangan timbunan sampah dan pengelolahan sampah menjadi nilai ekonomi. Saat ini kebersihan dilingkungan kami semakin terjaga dan juga kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan semakin meningkat,” terang Suwarso.

Pada kesempatan yang sama, PTPL memberikan bantuan produk olahan limbah galon berbentuk pot yang telah ditanami tanaman sirih dan juga dilaksanakan sosialisasi gerakan tabungan sampah ini.

Hadirnya Celengan Sampah merupakan salah satu program dengan tujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli sampah dan lingkungan. Hal ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Keberlanjutan (SDGs) no. 12 Konsumsi & Produksi yang Bertanggungjawab dan SDGs no. 13 terkait Penanganan Perubahan Iklim. Serta selaras dengan komitmen Pertamina yaitu Energizing Community & Environment. (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.