Header Ads

Miris, Kompensasi Bau dan Bising Hanya 10ribu/bulan/KK, Itu Pun 14 bulan Tidak Dibayar oleh PT Jafpa Comfeed Indonesia

Miris, Kompensasi Bau dan Bising Hanya 10ribu/bulan/KK, Itu Pun 14 bulan Tidak Dibayar oleh PT Jafpa Comfeed Indonesia


Mediacsrindonesia – Purwakarta. Puluhan warga Desa Cibatu, Kabupaten Purwakarta, yang terdiri dari perwakilan delapan RT yang dipimpin Ketua RT-nya mendatangi PT JAFPA Comfeed Indonesia, Tbk Unit Purwakarta. Mereka menuntut hak warga atas dana bau dan bising sesuai permohonan warga melalui surat permohonan dana bau/bising no. 010/2001/XI/2013 tertanggal 18 November 2013. Saat itu, perusahaan bersepakat dengan warga yang ditandatangani di atas meterai bercap stempel perusahan.

Namun kesepakatan tersebut dilanggar oleh pihak perusahaan selama 14 bulan, yakni sejak Maret 2021 sampai April 2022 berupa tidak dibayarkan hak kompensasi terhadap bau dan bising. Alasan yang dikemukakan adalah kesepakatan itu sudah tidak berlaku lagi. Tetapi klaim tersebut dilakukan secara sepihak oleh perusahaan.

Hal ini membuat geram warga sekitar. Sehingga mereka mendesak Kepala Desa Cibatu melalui Basmudes untuk mengupayakan hak nya. Sebelum aksi dilakukan, warga dan perusahaan telah bermusyawarah disaksikan kepala desa dan jajaran Bamusdes pada hari Selasa, 26 April dengan tiga butir kesepakatan warga. Tetapi itu semua diabaikan oleh perusahaan.

Pada saat menggelar aksi, Kapolsek Cibatu sempat akan membubarkan aksi dan akan menangkap warga yang akan melakukan aksi di depan gerbang PT JAFPA Comfeed Indonesia, Tbk dikarenakan tidak mempunyai dasar atas aksi tersebut. Setelah mengetahui pemberitahuan aksi telah disampaikan ke Polres Purwakarta, akhirnya Kapolsek Cibatu mengizinkan warga melanjutkan aksi tersebut.

Salah seorang warga mengemukakan bahwa PT Jafpa Comfeed Indonesia, Tbk telah berbuat dzolim kepada warga. Capaian keuntungan Perusahan pada tahun 2021 mencapai 2,02 Triliyun Rupiah. Pemilik So Good Food ini mengantongi laba bersih Rp 2,02 triliun di tahun lalu, naik dari Rp 916,71 miliar di tahun 2020. Cukup aneh, dana untuk kompensasi bau dan bising yang sebesar 8 juta per bulan untuk warga 8 RT, kebagian per-KK paling berkisar antara 8.000 rupiah sampai 10.000 rupiah per bulan nya. Itu pun tidak dibayarkan selama 14 bulan. (Endra)


Diberdayakan oleh Blogger.