Header Ads

Erajaya Micro Learning Luluskan Peserta Didik PKL Batch 3



Mediacsrindonesia.com – Jakarta. Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) EMiL (Erajaya Micro Learning) merupakan salah satu program unggulan Yayasan Erajaya Peduli Bangsa. Pada periode Maret-Juni 2022 telah meluluskan sebanyak 24 siswa batch 3 yang berasal dari SMK 47 & SMK 48 jurusan Bisnis & Manajemen. Yayasan Erajaya Peduli Bangsa sendiri merupakan lembaga nirlaba dari PT Erajaya Swasembada Tbk.

Program EMiL bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan dunia pendidikan vokasi untuk mendapatkan pembelajaran dan pengalaman kerja secara langsung. Ini merupakan salah satu perwujudan dari pilar LENTERA Erajaya Peduli yakni Lentera Cerdas. Sebelumnya, Erajaya telah melepas 78 siswa lulusan PKL EMiL di tahun 2021. 

Berbeda dengan dua batch sebelumnya yang dominan menggunakan metode daring, pada batch kali ini mereka mendapatkan kesempatan untuk terlibat langsung dalam kegiatan In Store Training dan menjadi Erafone Representative Officer (ERO) di empat Store Erafone di Jakarta selama dua minggu dibawah bimbingan para trainer dan senior di lapangan.

Jimmy Perangin Angin, Chief Human Capital, Legal, dan CSR, dalam pernyataannya pada Rabu 15 Juni 2022 mengatakan bahwa program ini adalah bagian dari komitmen tanggung jawab sosial dari Erajaya Group yang terintegrasi dengan strategi bisnis. Saat ini, kegiatan PKL melalui platform EMiL sudah dilakukan secara offline yakni melibatkan peserta untuk terjun langsung dalam kegiatan In Store Training dan dapat mempraktekan hasil belajarnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mempersiapkan peserta memasuki dunia usaha dan dunia industri setelah lulus nantinya,” terang Jimmy.

Setelah lulus SMK, para peserta program ini juga mendapatkan kesempatan secara khusus untu bergabung menjadi karyawan di Erajaya Group dengan bekal pembelajaran dan pengalaman yang sudah diperoleh sejak di bangku sekolah melalui program EMiL.

Cantika, salah satu peserta PKL mengatakan bahwa dirinya sangat senang sekali mengikuti PKL yang diselenggarakan Erajaya Group. Karena hingga saat ini belum pernah ada PKL yang dilakukan pada industri merek ritel gadget.

“Melalui program ini, saya mendapatkan pengalaman untuk mempelajari dan menawarkan produk gadget terbaru dengan bertatap muka secara langsung kepada pelanggan. Pengalaman tersebut menjadi pengalaman baru yang tak terlupakan bagi saya. Pengalaman yang saya dapatkan ini menjadi bekal saya untuk dapat terjun ke dalam dunia kerja yang sebenarnya,” jelas Cantika.

Selain memfasilitasi PKL, Program EMiL juga berkontribusi untuk menyerap lulusan-lulusan SMK secara langsung di sekolah melalui program recruitment EMiL, seperti kerjasama yang dilakukan dengan SMK 47 Jakarta pada awal Juni tahun 2022.

Team EMiL mendapatkan kesempatan untuk hadir, sharing, dan melakukan recruitment karyawan untuk para alumni di kegiatan pelepasan siswa kelas XII. EMiL adalah bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan yang bekerjasama dengan KemenDikBud dengan tujuan mendukung siswa dan guru mempelajari keahlian/pengetahuan baru, mendapatkan bantuan tambahan di luar sekolah/kampus, maupun mengembangkan keahlian tertentu dalam mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten. (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.