Header Ads

Tambakreja Cilacap raih Proklim Kategori Utama, Pertamina Lanjutkan Pendampingan

Tambakreja Cilacap raih Proklim Kategori Utama, Pertamina Lanjutkan Pendampingan



Mediacsrindonesia - Cilacap. PT Pertamina Lubricants (PTPL) melalui salah satu pabrik pelumas Production Unit Cilacap (PUC) berkomitmen untuk tumbuh dan maju bersama masyarakat di wilayah operasi. Hal ini dibuktikan dengan pemberian bantuan pendampingan Program Kampung Iklim di RW 5 Tambakreja Cilacap Selatan Kab. Cilacap. Dalam kesempatan ini juga diberikan apresiasi kepada wilayah binaan tersebut atas prestasi meraih Proklim Kategori Utama  Tahun 2022 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. 

Bantuan diberikan langsung oleh Manager Production Unit Cilacap, Prasetiyo Budi kepada Ketua Kampung Iklim RW 5 Tambakreja, Feri Sugiharto. Kegiatan dihadiri oleh Sri Murniyati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Cilacap, Kepala Kecamatan Cilacap Selatan, Kepala Kelurahan Tambakreja, Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, tokoh lingkungan dan dari akademisi  Politeknik Negeri Cilacap. Acara juga dihadiri lebih dari 250 masyarakat RT01-RT013/RW 5 Tambakreja.

Proklim merupakan program lingkup nasional yang dikelola KLHK untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat, pemerintah, dunia usaha, hingga perguruan tinggi dalam melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. 

Prasetiyo Budi Manager Production Unit Cilacap mengatakan,  pendampingan lanjutan yang dilaksanakan bersama pada Aksi Adaptasi dengan melakukan peningkatan kapasitas pengurus terutama dalam upaya menjalin komunikasi dan sinergi dengan stakeholder dalam penanganan masalah banjir rob di wilayah binaan.

Pada Aksi Mitigasi perubahan iklim, PTPL membantu dalam ketahanan pangan dengan Rumah Bibit Bersama serta pengelolaan sampah dengan merintis Bank Sampah Berseri.

“Kami mengajak kembali masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dan gotong royong untuk mendukung kegiatan lingkungan di RW 5 Tambakreja. Semoga kita saling bersinergi dan menyemangati untuk kemajuan lingkungan," lanjutnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Cilacap Sri Murniyati menyampaikan bahwa kerjasama PTPL dinilai baik dalam mendampingi kegiatan masyarakat khususnya di RW 5 Tambakreja. Melalui pendampingan perusahaan, masyarakat bisa mendapat peningkatan kapasitas.

“Kami berharap perusahaan dapar memperluas dukungan di Kabupaten Cilacap agar makin meningkat dampak positif dari kegiatan program Kampung Iklim,” tuturnya.

Ketua Proklim RW 5 Tambakreja Feri Sugiharto menyampaikan bahwa Program Kampung Iklim di Tambakreja mendapat pendampingan dari PTPL sejak tahun 2020. Dukungan PTPL memberikan semangat bagi para pengurus untuk giat mengampanyekan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. 

Pendampingan Program Kampung Iklim oleh Production Unit Cilacap akan berlanjut tiga tahun ke depan. PTPL berupaya menjalin komunikasi dan strategi bersama pemangku kepentingan lainnya untuk mewujudkan visi Proklim RW 5 Tambakreja yakni Tersenyum (Selalu Nyaman untuk Masyarakat Umum) dan Berseri (Bersih, Rapi, dan Indah). (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.