Header Ads

PT Indexim Coalindo Berdayakan Perempuan Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat

 

PT Indexim Coalindo Berdayakan Perempuan Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat

Mediacsrindonesia.com - Kaubun. PT Indexim Coalindo bekerja sama dengan mitra pelaksana dari PT Bina Swadaya Konsultan (BSK) melaksanakan program Pengembangan Ekonomi Potensial Desa sejak November 2022 lalu. Dalam program ini, PT Indexim Coalindo melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas dan pendampingan SDM, serta penguatan kelembagaan ekonomi di tingkat masyarakat. Dengan begitu nantinya dapat berjalan efektif dan mencapai tujuan bersama. Program ini dilaksanakan di Desa Baay (Kecamatan Karangan) dan Desa Bukit Permata (Kecamatan Kaubun), Kabupaten Kutai Timur. 

“Sebagai langkah awal, kami melakukan penumbuhan dan penguatan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang terbentuk di tingkat desa,” demikian penjelasan Ditto Santoso, Manajer CSR dan Community Development PT Indexim Coalindo.

PT Indexim Coalindo dan BSK melakukan pendampingan intensif sehingga KSM-KSM tersebut mampu mengembangkan organisasi, menjalankan administrasi kelompok, dan memupuk modal swadaya bersama. KSM-KSM ini beranggotakan para perempuan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki potensi besar untuk menggerakkan ekonomi keluarga sekaligus memperkuat ketangguhan keluarga dalam hal pangan, kesehatan, dan pendidikan.

Salah satu kegiatan yang telah dilakukan ialah pelatihan kepada pengurus dan pengawas kelompok. Proses pelatihan bertopik “Dasar-Dasar Kelompok Swadaya Masyarakat” tersebut dipandu oleh tim fasilitator BSK. Pelatihan dilakukan dengan proses yang interaktif dan partisipatif dengan menggunakan pendekatan andragogi atau pendidikan orang dewasa. Selama pelatihan, peserta tidak hanya pasif menerima materi, namun mereka diajak untuk terlibat aktif melalui permainan, diskusi, dan bermain peran.

PT Indexim Coalindo Berdayakan Perempuan Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat


“Materi pelatihan Dasar-dasar KSM sangat berguna untuk menambah pengetahuan tentang menjalankan kelompok yang baik. Cara penyajian materinya juga sangat jelas dan membuat ibu-ibu anggota kelompok bersemangat mengikutinya,” kesan Ketua KSM Berkah Makmur Iis Ismawati. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua KSM Sejahtera Bersama Nia Purnamasari. Selain kegiatan pelatihan tentang kelembagaan, kegiatan peningkatan ketrampilan teknis yang sudah berjalan adalah sekolah lapang beternak ayam kampung di Desa Bukit Permata dan sekolah lapang beternak bebek di Desa Baay.

Tujuan besar program ini ialah berkontribusi pada peningkatan mata pencaharian masyarakat melalui kelembagaan ekonomi lokal yang berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan tersebut, PT Indexim Coalindo dan BSK akan melakukan pendampingan intensif yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Proses ini juga akan mendorong partisipasi aktif masyarakat, sehingga nantinya dapat menjadi mandiri dalam menjalankan dinamika kehidupan sosial-ekonominya. Program ini merupakan bagian dari Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat PT Indexim Coalindo, khususnya pada Pilar Pendapatan Riil, yang sejalan dengan Kepmen ESDM No. 1824 K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. (Endra)

Diberdayakan oleh Blogger.